SKRIPSI PGMI
Peran Guru Dalam Membentuk Kesantunan Berbahasa Siswa Melalui Pembiasaan Bahasa Jawa Krama Di MI Rifa'iyyah Dadirejo
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan budaya dari luar yang sangat cepat di sekitar anak-anak, sehingga menyebabkan banyak anak yang kurang santun dalam berbahasa. Salah satu penyebab utama adalah penggunaan bahasa gaul di kalangan anak-anak saat ini yang semakin populer. Anak-anak percaya bahwa menggunakan bahasa gaul ini akan membuat mereka lebih diterima oleh teman-teman sebaya dan mengikuti tren di lingkungan mereka. Dampaknya adalah penggunaan bahasa yang kurang tepat dan berkurangnya penggunaan bahasa yang santun. Oleh karena itu, perhatian dari orang tua dan guru sangat diperlukan untuk mengajarkan penggunaan bahasa yang santun dan sesuai dengan nilai-nilai yang baik kepada anak-anak. Adapun tujuan penelitian adalah: 1)Untuk mengetahui kesantunan berbahasa Jawa krama di MI Rifa’iyah Dadirejo. 2)Untuk mengetahui peran guru dalam membentuk kesantunan berbahasa siswa melalui bahasa Jawa krama di MI Rifa’iyah Dadirejo. 3)Untuk menjelaskan faktor penghambat dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan pembentukan kesantunan berbahasa siswa dalam pembiasaan bahasa Jawa krama di MI Rifa’iyah Dadirejo. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan Siswa di MI Rifa’iyah Dadirejo. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari buku bacaan, jurnal, kepala sekolah dan peneliti dari peneliti sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
24SK2423185.00 | SK PGMI 24.185 END p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain