SKRIPSI PGMI
Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Rupa Tiga Dimensi Peserta Didik Kelas V Melalui Karya Seni Rupa Terapan di SDN 02 Karangtalok
Dalam dunia pendidikan banyak unsur-unsur yang harus ada dan harus diperhatikan salah satunya kreativitas seni. Kreativitas di dunia pendidikan sangat penting untuk mendukung proses pembelajaran. Ada banyak faktor yang menjadi penghambat perkembangan kreativitas di dunia pendidikan, oleh sebab itu guru memiliki tugas beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Jika guru dapat mengembangkan kreativitas pada peserta didiknya, maka peserta didik memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Dalam mengembangkan kreativitas seni pada peserta didik bisa dikembangkan melalui beberapa cara salah satunya yakni melalui karya seni rupa terapan. Dari masalah di atas, penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai bagaimana peran guru dalam mengembangkan kreativitas seni rupa tiga dimensi peserta didik kelas V melalui karya seni rupa terapan di SDN 02 Karangtalok, bagaimana kreativitas seni rupa tiga dimensi peserta didik kelas V di SDN 02 Karangtalok, Serta apa saja faktor penghubung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas seni rupa tiga dimensi peserta didik kelas V melalui karya seni rupa terapan di SDN 02 Karangtalok. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran guru dalam mengembangkan kreativitas seni rupa tiga dimensi peserta didik kelas V di SDN 02 Karangtalok, mendeskripsikan bentuk kreativitas seni rupa tiga dimensi peserta didik kelas V melalui karya seni rupa terapan, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas seni rupa tiga dimensi peserta didik kelas V melalui karya seni rupa terapan di SDN 02 Karangtalok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan peran guru dalam meningkatkan kreativitas pada peserta didik di SDN 02 Karangtalok yaitu 1) guru sebagai demonstator, 2) guru sebagai pengelola kelas, 3) guru sebagai mediator dan fasilitator, dan 4) guru sebagai evaluator. Hasil kreativitas siswa berkembang dapat dilihat dari hasil karya siswa yang semakin baik. Perkembangan kreativitas siswa dapat dilihat dari imajinasinya. Imajinasi siswa berkembang dapat dilihat dari siswa dapat menciptakan inovasi dan ide baru tidak meniru hasil karya orang lain. Dalam faktor pendukung kreativitas peserta didik diantaranya: 1) Media dan fasilitas yang digunakan, 2) Adanya peran guru, 3) tutor teman sebaya, dan 4) siswa merasa senang dengan kegiatan tersebut. Sedangkan faktor penghambat diantaranya: 1) evaluasi, 2) hadiah, 3) persaingan, dan 4) lingkungan yang membatasi.
24SK2423174.00 | SK PGMI 24.174 SIT p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain