SKRIPSI PGMI
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Di Kelas II MI Al-Ittihadiyah Coprayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Latar belakang masalah ini berfokus pada kemampuan membaca dan menulis siswa yang masih rendah terutama peserta didik kelas II, dimana siswa kelas II masih mengalami, kesulitan membaca dan menulis, untuk itu MI AL-Ittihadiyah Coprayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan berupaya untuk meningkat kemampuan literasi siswa yang masih rendah, tujuannya agar memiliki literasi membaca yang baik. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II MI Al-Ittihadiyah Coprayan? dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II MI Al-Ittihadiyah Coprayan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II MI Al-Ittihadiyah Coprayan dan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi membaca dan menulis siswa kelas II MI Al-Ittihadiyah Coprayan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data melalui teknik tringulasi yang memanfaatkan sumber. Teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian di MI Al-Ittihadiyah Coprayan yaitu dengan mengadakan jam belajar tambahan atau les tambahan, mengoptimalkan proses pembelajaran bahasa indonesia secara intensif, mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif dan pemilihan media yang menarik. Adapun faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II MI Al-Ittihadiyah Coprayan yang pertama faktor pendukungnya peran orang tua, guru yang inovatif dan meningkatkan kreativitas membaca dan menulis siswa, sedangkan faktor penghambatnya yaitu suasana kelas kurang kondusif, kurangnya perhatian keluarga dan rendahnya minat membaca siswa.
24SK2423172.00 | SK PGMI 24.172 NAI u | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain