SKRIPSI PGMI
Penggunaan Metode Show And Tell Dalam Melatih Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Negeri Pekajangan
Dalam dunia pendidikan, metode pembelajaran itu sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang seimbang dan mendukung dalam proses pembelajaran, yaitu dalam meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode Show and Tell. metode Show and Tell adalah kegiatan menunjukkan sesuatu kepada audiens dan menjelaskan atau mendeskripsikan sesuatu itu. Rumusan masalah pada skripsi ini yaitu: Bagaimana penggunaan metode show and tell dalam melatih keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 SD Negeri Pekajangan ?. Apa saja faktor pendukung dan penghambat pengengunaan metode show and tell dalam melatih keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 SD Negeri Pekajangan?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan metode show and tell dalam melatih keterampilan berbicara pada pembelajaran bahasa indonesia kelas 5 SD Negeri Pekajangan, untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pengengunaan metode show and tell dalam melatih keterampilan berbicara pada pembelajaran bahasa indonesia kelas 5 SD Negeri Pekajangan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field reseach) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan metode show and tell dalam melatih keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 SD Negeri Pekajangan melalui tiga tahap yaitu pengumpulan data, kategorisasi data, dan evaluasi. Adapun perencanaan yang dilakukan guru kelas 5 pada pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan langkah-langkah metode Show and Tell seperti menjelaskan atau mendeskripsikan, percaya diri dengan demikian dalam mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik akan muncul. dan evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia dalam melatih keterampilan berbicara peserta didik kelas 5 guru menyesuaikan dengan evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia dan mengikuti tiga aspek yaitu aspek penilaiaan observasi, aspek penilaian diri, dan aspek penilaian antar peserta didik. Yang dilakukan oleh guru yaitu dilaksanakan pada proses pembelajaran berupa penilaian kompetensi baik spiritual, keterampilan berbicara maupun sikap sosial. Faktor pendukung dan faktor penghambat pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam mengembangkan keterampilan berbicara. Untuk faktor pendukunganya seperti keluarga, guru, teman kelas dan lingkungan sekolah. Untuk faktor penghambat seperti teman sebaya yang masih kurang bergaul, keterbatasan waktu pembelajaran, dan kurangnya kesadaran pentingnya keterampilan berbicara bagi peserta didik.
24SK2423169.00 | SK PGMI 24.169 NEL p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain