SKRIPSI PGMI
Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Membaca Di Kelas V MIS Kauman Wiradesa
Penelitian metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading adalah salah satu metode pembelajaran dengan membentuk kelompok-kelompok membaca yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, dan seni berbahasa dengan memadukan membaca melalui pemberian tanggapan terhadap wacana/kliping yang diberikan. Proses dan kegiatan membaca harus memiliki makna dan tujuan sehingga siswa akan memiliki motivasi untuk selalu melakukan kegiatan membaca. Kebanyakan anak perlu mendapatkan dukungan untuk selalu membaca. Banyak faktor yang menyebabkan siswa masih rendah dalam keterampilan membaca yaitu siswa kurang gemar dalam keterampilan membaca, terlepas dari kesadaran diri akan pentingnya membaca untuk meningkatkan pengetahuan. Faktor lainnya banyak media elektronik yang berisi tentang hiburan dan permainan sehingga membuat siswa malas dalam keterampilan membaca Melalui metode ini peserta didik tidak merasa bosan dalam pembelajaran berlangsung. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yakni: bagaimana pengaruh metode cooperative integrated Reading dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Keterampilan Membaca di Kelas V MIS Kauman Wiradesa dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode Cooperative Integrated Reading dalam pembelajaran bahasa indonesia terhadap keterampilan membaca di kelas V MIS Kauman Wiradesa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel pada penelitian ini yakni kelas V A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Cooperative Integrated Reading dan kelas V B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode Konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil diperoleh dari analisis data yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari rumusan masalah penelitian ditemukan bahwa metode cooperative integrated reading yang peneliti gunakan berhasil meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIS Kauman Wiradesa. Sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar yang ingin dicapai. Dari hasil analisis data menunjukan adanya pengaruh dari nilai pretest dan posttest serta hasil data statistik inferensial dengan hipotesis menunjukan bahwa nilai sig pada pretest dan posttest kelas eksperimen yang diterapkan menggunakan metode cooperative integrated reading adalah 0,026. Jika dilihat dari hasil uji hipotesis tersebut diketahi bahwa dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima
24SK2423164.00 | SK PGMI 24.164 AIS p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain