SKRIPSI PGMI
Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan
Pelaksanaan pembelajaran masih cenderung bersifat konvensional. Model pembelajaran konvensional cenderung tidak sesuai untuk diterapkan karena informasi yang disampaikan mudah lenyap karena rendahnya daya serap siswa, sehingga membutuhkan pembelajaran dengan pendekatan yang efektif, tidak membosankan dan bisa langsung membuat siswa menjadi lebih paham yaitu dengan pendekatan kontekstual, pendekatan yang berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan? (2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan? Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui studi kasus yang meliputi metode observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan objek penelitian SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan. Adapun dalam menganalisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan (1) pendekatan pembelajaran kontekstual pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan telah dilaksanakan dengan baik, namun ada beberapa komponen dari pendekatan kontekstual yang belum dilaksanakan secara maksimal yaitu pada komponen permodelan dan refleksi; (2) faktor penghambat penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPAS Kelas IV diantaranya adalah alat peraga guru belum maksimal serta siswa harus meluangkan waktu untuk menemukan sendiri salah satu dari komponen pendekatan kontekstual yaitu permodelan. Sedangkan faktor pendukungnya diantaranya adalah adanya dukungan dari orang tua serta fasilitas dari pihak sekolah yang memadai.
24SK2423161.00 | SK PGMI 24.161 PRI i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain