SKRIPSI PGMI
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Materi Tumbuhan Kelas IV di MI Nurul Huda Karangtalok
Penerapan pembelajaran perlu dirancang dengan baik guna memberi pengalaman belajar yang dapat melibatkan peserta didik dengan guru, lingkungan, dan kegiatan pembelajaran lainnya. Peran guru sangat penting dalam kegiatan pembelajaran agar peserta didik dapat berperan aktif dengan mudah. Keaktifan peserta didik merupakan bentuk semangat dan antusias tinggi untuk mengikuti pembelajaran terutama dalam pelajaran IPAS. Pembelajaran IPAS dapat menjadikan peserta didik untuk berfikir secara ilmiah, maka dari itu guru harus bisa menerapkan model pembelajaran yang cocok. Model pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran CTL. Model CTL merupakan model yang memudahkan guru untuk memberi kaitan antara materi ajar dengan kehidupan dalam sehari-hari. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPAS materi tumbuhan, dan bagaimana pengaruh model pembelajaran CTL terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas IV di MI Nurul Huda Karangtalok. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model CTL, serta untuk mengetahui pengaruh model CTL terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS materi tumbuhan kelas IV di MI Nurul Huda Karangtalok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan ekperimen dan dengan desain penelitian Single Group Design yaitu pemberian pretest, treatment dan posttest. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Intrumen yang digunakan yaitu instrumen tes. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program pengolah data IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang cukup signifikan dengan penerapan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS materi tumbuhan kelas IV di MI Nurul Huda Karangtalok. Diketahui dari hasil uji hipotesis dengan nilai thitung sebesar -15,190 yang lebih besar jika dibandingkan dengan ttabel yaitu -1,714 pada taraf signifikansi 5% (thitung>ttabel) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kemudian tingkat efektifitas yang diukur menggunakan teknik N-Gain dalam pembelajaran CTL berkategori sedang dan cukup efektif, dengan skor yang diperoleh sebesar 0,5716 dan 57,157%.
24SK2423159.00 | SK PGMI 24.159 THI p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain