SKRIPSI PGMI
Eksperimentasi Penggunaan Alat Peraga Edukatif Multiplication Table Board Pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Tegalsari 01 Kelas III Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang
Matematika adalah suatu bidang ilmu yang melatih penalaran supaya berpikir logis, sistematis dalam menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Siswa menganggap matematika tidak menarik dan penuh rumus, sehingga mengakibatkan siswa kurang berhasil dalam belajar matematika, dalam proses pembelajaran matematika siswa sering melakukan kesalahan-kesalahan yang mengakibatkan siswa tidak tuntas dalam belajar, hal ini menyebabkan tujuan yang ditetapkan tidak tercapai. Permasalahan yang menunjukkan bahwa terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi operasi hitung perkalian membuat penulis tertarik untuk berfokus pada pembahasan terkait dengan dunia pendidikan. Tujuan pembelajaran matematika secara umum yaitu (1) meningkatkan kemampuan intelektual, (2) kemampuan menyelesaikan masalah, (3) hasil belajar tinggi, (4) melatih berkomunikasi, dan (5) mengembangkan karakter siswa. Adapun tujuan pembelajaran matematika pada tingkat SD/MI adalah agar siswa mengenal angka-angka sederhana, operasi hitung sederhana, pengukuran, dan bidang. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan eksperimen, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini berjenis populasi target (target population), populasi dari penelitian ini adalah Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Tegalsari 01 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik non probability sampling, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan jenis teknik cluster random sampling, dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan pengacakan dengan jumlah 26 (satu kelas) siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Batang. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji hipotesis (t-test) dan uji paired t-test. Berdasarkan pembahasan yang sudah diuraikan melalui nilai adjusted R Square atau koefisien determinasi R2 sebesar 0,593 atau 59,3%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel alat peraga edukatif multiplication table board (X) memiliki kontribusi sebesar 59,3% dalam menerangkan variabel hasil belajar siswa (Y). Ringkasan hasil statistik deskriptif dari kedua sampel yang diteliti yakni nilai pre test diperoleh rata-rata hasil belajar atau mean sebesar 81,69, sedangkan untuk nilai post test diperolah nilai rata-rata hasil belajar sebesar 89,35, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya metode demonstrasi berbantu alat peraga multiplication table board efektif terhadap pemahaman konsep perkalian matematika kelas III Sekolah Dasar Negeri Tegalsari 01 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang.
24SK2423151.00 | SK PGMI 24.151 NAI e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain