SKRIPSI PGMI
Strategi Guru Dalam Pembelajaran Fikih Melalui Model Cooperative Learning (Tipe Group Investigation) Untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Sama Siswa Kelas 5 MIS Wuled
Kemampuan keterampilan kerja sama siswa kelas 5 MIS Wuled pada pembelajaran fikih belum sesuai yang diharapkan. Sebab, proses pembelajaran fikih masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga mengakibatkan siswa belum mampu memunculkan keterampilan kerja sama, bersikap individu dan sulit memahami materi fikih. Maka, proses pembelajaran harus bermakna dan dapat menumbuhkan keterampilan kerja sama, hal ini tidak lepas dari penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satunya model Cooperative Learning (Tipe Group Investigation). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi guru pada pembelajaran fikih dalam menumbuhkan keterampilan kerja sama siswa kelas 5 MIS Wuled?; 2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran fikih melalui model Cooperative Learning (Tipe Group Investigation) untuk menumbuhkan keterampilan kerja sama kelas 5 MIS Wuled?. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun sumber data primer pada penelitian ini yaitu wawancara kepada kepala madrasah, guru mata pelajaran fikih kelas 5 dan siswa kelas 5 MIS Wuled, sedangkan sumber data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang mendukung penelitian ini, berupa silabus, RPP pembelajaran fikih kelas 5, dan dokumen-dokumen lain dalam melakukan penelitian di kelas 5 MIS Wuled.
24SK2423149.00 | SK PGMI 24.149 ISM s | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain