SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VII di MTs Syarif Hidayah Doro
Hasil belajar siswa kelas VII MTS Syarif Hidayah Doro masih tergolong rendah. Hal ini diperlukan model pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga siswa tidak merasa kesulitan dan merasa bosan dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran tipe think pair share berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs Syarif Hidayah Doro?, Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran tipe think pair share?. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTS Syarif Hidayah Doro, menganalisis hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran think pair share. Dalam pelaksanaan penelitian, penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal pre-test dan post-test. Analisis data yang diguunakan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji independent simple t-test. Hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional mendapat nilai rata-rata 60,7 dengan nilai terendah 30 dan nilai tertinggi 90. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model think pair share mendapat nilai rata-rata 77,5 dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 90. Dari hasil uji hipotesis menggunakan independent simple t-test didapatkan hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000
24SK2426075.00 | SK TM 24.075 KHI p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain