SKRIPSI KPI
Strategi Komunikasi Verbal Dalam Menerapkan Metode Yanbu'a di TPQ Ar-Rohmah Simbang Kulon Pekalongan
TPQ Ar-Rohmah Simbang Kulon Pekalongan, merupakan salah satu TPQ yang baru beralih dari metode Qiro‟ati ke Yanbua. Penggunaan metode Yanbu‟a yang masih baru di TPQ Ar-Rohmah tentunya membutuhkan strategi komunikasi verbal yang baik. Penggunaan strategi komunikasi verbal bertujuan agar proses pembelajaran berjalan dengan baik, memudahkan santri dalam menangkap materi dan untuk menghindari kejenuhan dalam kegiatan belajar mengajar serta mengoptimalkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik/santri serta mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, untuk mengkaji bagaimana strategi komunikasi verbal yang dilakukan oleh para pendidik/dewan asatidz kepada santrinya dalam menerapkan metode baca Yanbu‟a yang diterapkan di TPQ Ar-Rohmah Simbang Kulon. Data hasil penelitian didapatkan dari hasil observasi dan wawancara dari dewan asatidz, pengurus TPQ ArRohmah dan Santri TPQ Ar-Rohmah, serta data informasi tambahan berupa buku pedoman hafalan santri, buku prestasi belajar atau kartu hafalan santri TPQ. Hasil penelitian didapatkan bahwa strategi komunikasi verbal yang dilakukan oleh dewan Asatidz dalam menerapkan metode Yanbu‟a di TPQ ArRohmah Simbang Kulon terlaksana dengan baik karena sudah memenuhi tatananan strateggi komunikasi yaitu tahap perencanaan (planning) strategi komunikasi diantaranya merumuskan pesan (materi), merumuskan metode (Musyafahah,Aradhul Qira‟ah, dan Talaqqi), memilih media pembelajaran (Jilid/Juz Yanbu‟a) dan tahap manajemen (management) strategi komunikasi diantaranya memilih komunikator (Asatidz yang berkompeten), pesan yang disampaikan (materi metode baca Yanbu‟a), media yang digunkan (jilid, kartu hafalan dan prestasi), komunikan serta umpan balik. Strategi komunikasi verbal yang dilakukan oleh dewan Asatidz di TPQ Ar-Rohmah Simbang Kulon dapat dikata kan cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar Alquran. Pengkategorian efektif ini didasarkan pada hasil penelitian bahwa efektivitas strategi komunikasi verbal di TPQ Ar-Rohmah telah dirancang dan memenuhi tatanan efektivitas dalam pembelajaran Alquran yaitu memastikan pesan diterima oleh komunikan serta membimbing penerimaan pesan sehingga pelafalan makharijul huruf dana tersempaikan sesuai dengan yang diharapkan pada visi misi TPQ Ar Rohmah dan tercapai melalui pendekatan strategi komunikasi verbal yang dilakukan oleh dewan Asatidz di TPQ Ar-Rohmah
24SK2434105.00 | SK KPI 24.105 KHA s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain