SKRIPSI KPI
Strategi Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Branding Pondok Pesanten Asshiddiqiyyah 2 Tangerang
Hadirnya teknologi saat ini banyak masyarakat memanfaatkan teknologi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan mudah dan cepat. Sehingga banyak masyarakat yang terkesan dengan menggunakan media sosial yang dapat memberikan banyak informasi ataupun hiburan. Begitupun dengan lembaga pendidikan yang di mana memiliki persaingan yang sangat ketat untuk menciptakan branding yang baik terhadap masyarakat sehingga dapat menarik konsumen. Kemudian dalam visi dan misi tim media of Asshiddiqiyah 2 untuk mengelola akun Instagram adalah menjadi garda terdepan dalammenyampaikan dakwah yang terdapat di dalam pondok untuk masyarakat akan tetapi akun Instagram Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 lebih dominan dengan pendokumentasian daripada konten keilmuan sehingga terdapat ketidak sesuai dengan visi dan visi yang telah ditetapkan oleh tim media sejak awal. Instagram yang dijadikan sebagai sarana branding karena adanya persaingan yang ketat terhadap pondok pesantren lain dan juga terdapat ketidak seusuaian dengan visi dan misi tim media, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan media sosial Instagram yang dijadikan branding oleh tim media sehingga dapat dilihat mengenai penghambat apa saja sehingga akun Instagram @asshiddiqiyah2 lebih dominan pendokumentasian, dengan kegunaan penelitian untuk memperbanyak litelatur mengenai strategi pada pengelolaan Instagram teruntuk para santri yang mengikuti perkembangan zaman dan dapat memberikan manfaat dan gambaran mengenai strategi pengelolaan media sosial Instagram dengan menggunakan metode Cutlip dan Center Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatannya paradigma positivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskritif dengan analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyajian kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam kegiatan pengelolaan Instagram Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Tangerang dapat mempengaruhi masyarakat untuk menciptakan persepsi baik terhadap nama pondok pesantren akan tetapi ketidak seuaian terhadap visi dan misi dari tim media merupakan hambatan yang terkendala pada sumber daya anggota yang kurang mumpuni dalam bidangnya dan kurang kerjasama untuk membuat konten keilmuan. Sehingga Instagram @asshiddiqiyah2 meningkatkan konten pendokumentasian untuk mengisi konten di Instagram dan melanjutkan branding yang menjadi salah satu solusi agar tetap berjalannya unggahan yang terdapat di Instagram.
24SK2434104.00 | SK KPI 24.104 ANN s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain