SKRIPSI KPI
Komunikasi Edukatif Dalam Pola Asuh Mendidik Anak Secara Islami Pada Akun Tiktok @DAILYJOUR
Pola asuh mendidik anak adalah kegiatan interaksi orang tua dengan anaknya yang memenuhi pemenuhan kebutuhan jasmani, kebutuhan psikis dan kebutuhan sosial dalam rangka pendidikan karakter anaknya. Pola asuh mendidik sangat penting karena dapat mempengaruhi watak dan karakter dari anak. Agar anak memiliki watak dan karakter yang diinginkan orang tua, orang tua sering berusaha belajar mendidik anak dari berbagai sumber. Salah satunya yaitu media sosial, TikTok. TikTok merupakan media sosial yang dapat digunakan untuk mengunggah atau menonton video pendek. Penggunaan media TikTok sebagai alat komunikasi edukatif mendidik anak dirasa cukup baik dan mampu mencakup lingkup yang luas. Contohnya seperti pada akun @dailyjour milik Halimah. Dalam akunnya tersebut disajikan informasi edukasi terkait pola asuh dalam mendidik anak yang dijelaskan secara kreatif, dan disertai contoh sehingga mudah dipahami oleh viewer. Teknik komunikasi yang menggunakan teknologi ini dianggap mampu memberikan informasi yang praktis karena dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis melakukan penelitian terhadap akun TikTok @dailyjour terkait pola komunikasi edukatif dalam pola asuh mendidik anak secara islami. Adapun rumusan masalah yakni: 1. Bagaimana bentuk komunikasi edukatif pola asuh mendidik anak secara islami pada akun TikTok @dailyjour? 2. Bagaimana persepsi viewer terkait pentingnya edukasi pola asuh mendidik anak secara islami pada akun TikTok @dailyjour? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk komunikasi edukatif pola asuh mendidik anak secara islami pada akun TikTok @dailyjour dan persepsi viewer terkait pentingnya edukasi pola asuh mendidik anak secara islami pada akun TikTok @dailyjour. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan untuk analisa, penulis menggunakan model Shannon dan Weaver untuk mengetahui unsur komunikasi yang selanjutnya digunakan dalam penetuan pola komunikasi yang digunakan dan persepsi viewer. Analisis yang digunakan yaitu itu analisis isi (Content Analysis) dengan melihat video dan komentar pada akun@dailyjour. Adapun sumber data sekundernya yaitu jurnal-jurnal dan buku-buku yang relevan. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan pola komunikasi edukatif yang terjadi yaitu pola komunikasi satu arah (Pola pendidik – pihak yang dididik), pola komunikasi dua arah (Pola pendidik – pihak yang dididik – pendidik) dan pola komunikasi multi arah (Pola pendidik – pihak yang dididik, pihak yang dididik – pendidik, pihak yang dididik – pihak yang dididik). Pola komunikasi satu arah terjadi ketika viewer menonton video tanpa memberikan tanggapan atau komentar. Pola komunikasi dua arah terjadi ketika viewer memberikan komentar pada video yang kemudian komentar tersebut direspons kembali oleh pemilik akun @dailyjour. Pola komunikasi multi arah terjadi ketika akun @dailyjour meminta tanggapan para viewers dan pada komentar direspons oleh pemilik akun @dailyjour dan akun viewers lainnya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa akun TikTok @dailyjour cenderung mendapat persepsi positif dari viewer.
24SK2434090.00 | SK KPI 24.090 IAN k | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain