SKRIPSI KPI
Efektivitas Media Sosial Tiktok Dalam Penyampaian Pesan Dakwah Penyampaian Pesan Dakwah Pada Akun Tiktok @aabelkarimi
Perkembangan teknologi memudahkan dakwah melalui media sosial seperti TikTok. TikTok memiliki 1,4 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, termasuk 99,1 juta pengguna aktif di Indonesia. Konten dakwah dapat disampaikan secara menarik dan kreatif melalui TikTok. Akun @aabelkarimi dengan 368,2 ribu pengikut berhasil menyampaikan pesan dakwah yang efektif. Penelitian tentang efektivitas media sosial TikTok dalam menyampaikan pesan dakwah melalui akun @aabelkarimi menjadi fokus, dengan pendekatan kualitatif dan objek penelitian adalah para pengikut akun tersebut. Dakwah melalui TikTok mencapai pemirsa dengan cepat dan efektif, sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin digital. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dirumuskan masalah sebagai berikut; 1) bagaimana efektivitas penyampaian pesan dakwah pada akun TikTok @aabelkarimi?, 2) bagaimana isi pesan dakwah yang disampaikan akun TikTok @aabelkarimi?. Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan media sosial TikTok akun @aabelkarimi dalam penyampaian pesan dakwah dan untuk mengetahui isi pesan dakwah yang terdapat dalam akun TikTok @aabelkarimi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma interpretatif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan akun TikTok @aabelkarimi, dapat diketahui bahwa 1) berdasarkan analisis menggunakan teori ELM, ditemukan bahwa pendekatan yang digunakan oleh akun @aabelkarimi dalam menyampaikan pesan dakwah di TikTok cukup efektif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari generasi muda. Konten-konten tersebut berhasil menarik perhatian, mempengaruhi pemikiran, memperkuat iman, dan mendorong audiens untuk berbuat baik dalam menjalankan agama mereka, 2) mayoritas video yang @aabelkarimi buat ini merupakan video mengenai keresahannya terhadap isu-isu sosial, namun makna dari pesan dakwah ini masih berkaitan dengan prinsip-prinsip Islam yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari contohnya seperti akidah, akhlak, dan tauhid.
24SK2434086.00 | SK KPI 24.086 NAJ e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain