SKRIPSI KPI
Strategi Komunikasi Persuasif Akun Instragam @PUTRILOGI Dalam Memberikan Pemahaman Literasi Kesehatan Mental Followers
Jumlah kasus bunuh diri di Indonesia meningkat dari 900 kasus pada tahun 2022 menjadi 971 kasus per Oktober 2023. Masalah yang dihadapi seseorang sering menyebabkan tekanan dan gangguan mental yang memicu perilaku berbahaya seperti bunuh diri. Rendahnya literasi kesehatan mental adalah masalah serius. Penggunaan media sosial untuk edukasi kesehatan mental dengan pendekatan Islam efektif meningkatkan kesadaran dan pemahaman, serta memperkuat spiritualitas bagi mereka yang memiliki masalah mental. Upaya ini bisa dilakukan dengan promosi kesehatan jiwa, seperti melalui berbagai platform Instagram di Indonesia yang mengedukasi tentang kesehatan mental. Salah satu akun Instagram yang mengedukasi pengetahuan kesehatan mental berbasis Islami adalah akun @putrilogi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif yang digunakan akun Instagram @putrilogi sebagai konten kreator edukasi dalam meningkatkan literasi kesehatan mental followersnya. Penilitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori komunikasi persuasif Melvin DeFluer dan Sandra J-Ball Rokeach dan metode analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi persuasif @putrilogi sesuai dengan konsep komunikasi persuasif Melvin L.DeFleur dan Sandra J.Ball-Rokeach dan tingkat pemahaman literasi kesehatan mental followers @putrilogi sebanyak 97,8% dari 45 orang followers @putrilogi. Hambatan komunikasi persuasif yang dialami hanya ada dua yaitu motivasi dan noise factor.
24SK2434081.00 | SK KPI 24.081 AIS s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain