SKRIPSI KPI
Analisis Respon Netijen Terhadap Tayangan Selebriti Melepas Cadar Di Depan Media Chanel Youtube Dr. Richad Lee
Sebuah tayangan muncul di ruang publik yang mempengaruhi netizen dalam mengeluarkan opininya pada sebuah kolom komentar youtube. Video “Klarifikasi Inara Rusli!! Inara Simbol Strongest Mom” yang tayang pada 18 Mei 2023 mendapatkan 4,8 ribu like dan 786 komentar. Video tersebut menayangkan seorang selebriti Inara Rusli yang melepas cadarnya di hadapan awak media. Dari konten yang ditayangkan inilah menuai beragam reaksi dari netizen dunia maya yang memenuhi kolom komentar youtube dr. Richard Lee. Munculnya video tersebut menimbulkan beragam komentar dari netizen, mulai dari komentar yang pro hingga komentar yang kontra. Sebab, konten yang sama dapat diterima secara berbeda oleh setiap penontonnya. Dari realitas tersebut, munculah penelitian ini untuk melihat bagaimana respon netizen terhadap selebriti melepas cadar di depan media dalam channel youtube dr. Richard Lee. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana respon netizen terhadap tindakan selebriti yang melepas cadar di depan media dalam channel youtube dr. Richard Lee dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan konatif, serta bagaimana komentar netizen pada tayangan selebriti melepas cadar berdasarkan prinsip komunikasi Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon netizen berdasarkan aspek kognitif, afektif, dan konatif, serta prinsip komunikasi Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan library research. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis isi atau analisis isi komentar dalam channel youtube. Hasil penelitian menunjukkan konten yang sama mendapatkan respon yang berbeda dari netizen. Ditemukan tiga macam respon dalam penelitian ini yaitu respon kognitif, afektif, dan konatif. Respon kognitif dan konatif netizen cenderung memberikan respon positif pada tayangan “Klarifikasi Inara Rusli!! Inara Simbol Strongest Mom.” Namun pada respon afektif, netizen terbelah menjadi dua pendapat yaitu terdapat komentar yang setuju dan komentar yang menentang. Serta dalam analisis prinsip komunikasi Islam juga ditemukan dua jenis komentar yaitu komentar yang sesuai dengan prinsip komunikasi Islam dan komentar yang tidak sesuai dengan prinsip komunikasi Islam. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa satu konten yang sama mendapatkan respon yang beragam, baik respon positif maupun respon negatif.
24SK2434078.00 | SK KPI 24.078 NOV a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain