SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Konseling Islami Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home Di MTS Walisongo Ulujami
Siswa dengan latar belakang broken home sering menghadapi permasalahan emosional dan psikologis akibat kondisi keluarga yang tidak harmonis dan berdampak negatif pada prestasi akademik mereka. Akhirnya menyebabkan siswa kehilangan minat belajar, rendahnya rasa percaya diri, dan kesulitan dalam mencapai potensi akademik mereka. Solusi membantu siswa broken home dalam meningkatkan motivasi belajar mereka yaitu melalui konseling Islam. Konseling Islami digunakan untuk mengatasi permasalahan ini karena nilai-nilai spiritual dan moral yang terkandung dalam ajaran Islam diharapkan dapat memberikan dukungan emosional dan psikologis yang dibutuhkan siswa. Sehingga dapat membantu siswa menemukan makna dan tujuan dalam belajar, serta membangun kembali motivasi mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan konseling Islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di MTs Walisongo Ulujami? Dan bagaimana motivasi belajar siswa broken home di MTs Walisongo Ulujami sebelum dan sesudah mengikuti konseling Islam?. Tujuan penelitian untuk menganalisis pelaksanaan konseling Islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di MTs Walisongo Ulujami, dan untuk menganalisis motivasi belajar siswa broken home di MTs Walisongo Ulujami sebelum dan sesudah mengikuti konsling Islami. Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling Islami dapat meningkatkan motivasi belajar siswa broken home. Konseling Islami yang dilakukan meliputi pemberian nasihat, dukungan emosional, serta penguatan nilai-nilai keagamaan dan moral. Dengan menggunakan metode penyadaran dan kisah. Motivasi belajar siswa broken home mengalami peningkatan seperti sudah berani aktif dalam pembelajaran di kelas, nilai hasil ujian meningkat.
24SK2435099.00 | SK BPI 24.099 ATA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain