SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Numerasi Berdasarkan Prosedur Newman Materi Statistika Kelas XI SMA Negeri 2 Pekalongan
Analisis kesalahan pada penelitian ini adalah menyelidiki dan mengupas macam - macam kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi statistika yang dilakukan berdasarkan Prosedur Newman yaitu metode untuk menganalisis kesalahan dalam soal pemecahan masalah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Apa kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah literasi numerasi pada materi statistika di SMA Negeri 2 Pekalongan? 2) Apa penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah literasi numerasi pada materi statistika di SMA Negeri 2 Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah literasi numerasi pada materi statistika di SMA Negeri 2 Pekalongan, 2) Untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan – kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah literasi numerasi pada materi statistika di SMA Negeri 2 Pekalongan. Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 2 Pekalongan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified sampling. Adapun pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas XI A5 SMA Negeri 2 Pekalongan. Kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi statistika yaitu: kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. kesalahan memahami masalah disebabkan siswa lupa dan menganggap tidak perlu untuk menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal. Kesalahan transformasi masalah disebabkan siswa tidak dapat menentukan rumus apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, siswa tidak memiliki kesempatan karena waktu yang hampir habis, serta siswa mengabaikannya karena merasa tidak perlu. kesalahan keterampilan proses disebabkan siswa kurang teliti dalam melakukan operasi perhitungan pada soal. Kesalahan yang terakhir yaitu kesalahan dalam penulisan jawaban akhir disebabkan karena siswa tidak membuat kesimpulan, tidak menemukan hasil akhir dari penyelesaian serta mengabaikannya karena merasa tidak perlu dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal berikutnya sehingga siswa tidak menuliskan kesimpulan akhir dari soal yang telah dia kerjakan.
24SK2426072.00 | SK TM 24.072 ADI a | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain