SKRIPSI PAI
Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Religius Dan Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII di MTS YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Latar Belakang dari penelitian ini adalah kultur pembelajaran aqidah akhlak seharusnya mampu mencegah siswa-siswi dari perilaku negatif. Meningkatnya perilaku negatif dikalangan siswa menimbulkan keraguan terhadap keberhasilan pembelajaran aqidah akhlak di madrasah yang seharusnya mampu menumbuhkan sikap keagamaan dan sosial yang tinggi dikalangan siswa. Melalui pembelajaran tersebut siswa bertujuan memperoleh pengetahuan, membentuk sikap, dan memperoleh pemahaman keagamaan yang benar hingga mampu membedakan perbuatan positif dan negatif. Dapat dilihat pada MTs YMI Wonopringgo, siswa-siswi disana masih ada yang menyontek, membolos saat pembelajaran berlangsung, kurang sopan terhadap guru, datang terlambat, tidak mengerjakan tugas dan berkelahi diluar kelas. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku religius siswa kelas VIII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, menganalisis pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, dan menemukan adakah pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku religius dan perilaku sosial siswa kelas VIII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel ditentukan dengan menggunakan metode random sampling dan perhitungan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 39 siswa dari kelas VIII A-I. Data penelitian ini diperoleh melalui metode angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku religius sebesar 68,6%, sedangkan 31,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. (2) ada pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sosial sebesar 80,2%, sedangkan 19,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. (3) ada pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku religius sebesar 11,2%, sedangkan 88,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya.
24SK2421446.00 | SK PAI 24.446 AYU p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain