SKRIPSI PAI
Strategi Pembelajaran Review Materi PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII Di SMPN 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru PAI kelas VII di SMPN 2 Kedungwuni yang masih menggunakan metode kovensional yang megandalkan ceramah. Metode konvensional yang digunakan pada saat mengajar hanya menitik beratkan pada keaktifan guru, sedangkan siswa cenderung pasif, ramai, kurang tertarik dengan cara guru menyampaikan materi, konsentrasi dalam belajar kurang terfokus, sulit mengutarakan ide atau gagasan dan takut untuk bertanya. Hal ini sering menjadikan sebagian siswa tidak aktif untuk menerima materi pelajaran karena tidak setiap siswa memiliki karakteristik yang sama. Bardasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Review Materi PAI di SMPN 2 Kedungwuni? Bagaimana Hasil Penerapan Strategi Pembelajaran Review Materi PAI terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN 2 Kedungwuni? Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait penerapan strategi pembelajaran review materi PAI dan hasil penerapan strategi pembelajaran review materi PAI terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMPN 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa 1 guru PAI dan 3 peserta didik kelas VII SMPN 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 tahapan dalam penerapan strategi pembelajaran review materi PAI di SMPN 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Tahap pertama, guru PAI menyiapkan materi pembelajaran, kesiapan siswa, ice breaking dan teknis pelaksanaan strategi pembelajaran review materi. Adapun tahap kedua, guru PAI mengawali dengan orientasi, stimulasi, apersepsi dan penutup. Kemudian hasil penerapan strategi pembelajaran review materi PAI terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik di SMPN 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan terbukti memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar peserta didik. Peningkatan motivasi belajar tersebut terlihat dengan adanya peserta didik yang aktif, semangat, antusias dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran.
24SK2421441.00 | SK PAI 24.441 MUH s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain