SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Arab Pegon Bagi Santri Di Islamic Boarding School Gondang Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran Arab pegon kepada santri agar mampu untuk membaca kitab yang semestinya harus dipahami dalam sebuah pondok pesantren. Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait metode, strategi, implementasi dalam pembelajaran Arab serta implikasi yang ditimbulkan oleh adanya program ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Arab pegon bagi santri di Islamic Boarding School Gondang Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui implikasi dari pembelajaran Arab pegon bagi santri di Islamic Boarding School Gondang Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari Islamic Boarding School Gondang Wonopringgo dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data, dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Arab pegon di Islamic Boarding School Gondang Wonopringgo sudah baik dan sangat cocok, karena dengan adanya pembelajaran ini, beberapa hal yang harus dicapai santri menjadi mudah seperti mampunya membaca kitab, menulis dan memahami isi dari sebuah kitab. Sedangkan implikasi dari pembelajaran Arab pegon yaitu santri menjadi mengenal dan mengetahui huruf-huruf yang ada pada Arab pegon seperti huruf vokal, konsonan, sambung, dan simbol-simbol yang terdapat di dalamnya, selain itu dapat membaca, menulis, memahami kitab, hafal nadhom dalam amsilati.
24SK2421436.00 | SK PAI 24.436 MAE i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain