SKRIPSI PAI
Strategi Guru Mata Pelajaran Tartil Suwar Dalam Mengembangkan Minat Baca Al-Qur'an Pada Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Ribatul Muta'allimin Kota Pekalongan
Latar belakang dari penelitian ini ialah adanya sebagian siswa yang kurang memiliki daya minat dalam membaca al-Qur‟an. Hal ini ditunjukkan dengan rasa tidak percaya diri dan acuh oleh sebagian siswa pada saat guru sedang menjelaskan materi tentang tartil suwar. Kondisi ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian dikarenakan secara faktual terdapat fluktuatif minat membaca alQur‟an di MTs Ribatul Muta‟allimin Kota Pekalongan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1). Bagaimana strategi Guru Tartil Suwar dalam mengembangkan minat baca al-Qur‟an pada siswa kelas VIII di MTs Ribatul Muta‟allimin? (2).Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi Guru Tartil Suwar dalam mengembangkan minat baca al-Qur‟an pada siswa kelas VIII di MTs Ribatul Muta‟allimin? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Strategi Guru Tartil Suwar dalam mengembangkan minat baca al-Qur‟an di MTs Ribatul Muta‟allimin. Serta, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi Guru Tartil Suwar dalam mengembangkan minat baca al-Qur‟an di MTs Ribatul Muta‟allimin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini antara lain, dua pengajar MTs Ribatul Muta‟allimin. Serta, tiga siswa kelas VIII MTs Ribatul Muta‟allimin. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah strategi guru tartil suwar dalam mengembangkan minat baca al-Qur‟an kelas VIII yaitu hafalan juz 30, pembiasan muraja‟ah dirumah, target hafalan siswa, strategi talaqqi dan pembiasaan pembacaan surat yasin setiap pagi. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung dalam mengembangkan minat baca al-Qur‟an yaitu kebijakan sekolah, tutor teman sebaya. Kemudian faktor penghambatnya yaitu alokasi waktu, jumlah guru dan pengaruh dari luar.
24SK2421435.00 | SK PAI 24.435 MUH s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain