SKRIPSI PAI
Upaya Santri Dalam Meningkatakan Kualitas Belajar Kitab Kuning di Pondok Pesantren Amtsilati Chumairoh Medono
Pendidikan di Nusantara,tidak lepas dari eksitensi dan peran lembaga pendidikan tertua yang ada di Nusantara yang disebut pondok pesantren, serta juga di sebut sebagai produk budaya nusantara yang sudah memiliki ciri khasnya sendiri. Fungsi dari lembaga pondok pesantren yaitu untuk menciptakan manusia ahli dalam agama. Hingga sampai saat ini fungsi itu tetap dipertahankan dan terpelihara di Nusantara. Seiring berjalannya waktu pondok pesantren pesantren salaf yang dahulu hanya mengkaji kitab fiqih,aqidah,tasawuf sekarang banyak pondok pesantren salaf yang bersekolah formal. Hal ini perlu adanya upaya agar tujuan pendidikan pondok pesantren dan pendidikan sekolah formal yang ada di pondok pesantren amtsilati chumairoh dapat dicapai. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1). Bagaimana proses pembelajaran di pondok pesantren Amtsilati Chumairoh Medono?. (2). Bagaimana upaya santri dalam meningkatkan kualitas belajar kitab kuning di pondok pesantren Amtsilati Chumairoh Medono? (3). Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kualitas belajar di pondok pesantren amtsilati chumairoh medono ?. Tujuan penelitian ini untuk (1). Untuk mengetahui proses pembelajaran di pondok pesantren Amtsilati Chumairoh Medono. (2). Untuk mngetahui upaya santri dalam meningkatkan kualitas belajar kitab kuning di pondok pesantren Amtsilati Chumairoh. (3). Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas belajar kitab kuning di Pondok Pesantren Amtsilati Chumairoh. Kegunaan teroristis, untuk mampu meningkatkan dalam wawasan serta pengetahuan tentang proses pembelajaran di pondok pesantren Amtsilati Chumairoh Medono, dan untuk mengetahui upaya santri dalam meningkatkan kualitas belajar kitab kuning di pondok pesantren. Kegunaan praktis: (1). penelitian ini merupakan suatu pedoman pengurus dan santri dalam melaksanakan kewajiban proses pembelajaran dan mengupayakan kualitas belajar kitab kuning serta penelitian ini sebagai salah satu penambahan dalam pengetahuan serta menambah keilmuan sehingga akan bisa mengembangkan wawasan secara baik dalam segi teori maupun praktik terhadap kualitas pembelajaran yang ada di Pondok pesantren Amtsilati Chumairoh medono dan Sekolah formal santri. (2). Bagi Pondok Pesantren dari hasil temuan penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam memanajeman waktu di pondok pesantren tersebut. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti merupakan jenis penelitian lapangan atau bisa disebut field research. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya: Observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Sangatlah penting bagi santri dan ustadz dalam melaksanakan proses pembelajaran dan upaya meningkatkan kualitas belajar agar tujuan pondok pesantren dan pendidikan sekolah formal dapat dicapai. Dalam hal ini santri dan ustadz pondok pesantren Amstilati Chumairoh medono menerapkan upaya dalam meningkatkan kualitas belajar santri, yaitu :Strategi pembiasaan, Seperti ngaji bandongan, takroran, sorogan, tes mingguan, belajar malam. Strategi penghargaan dan hukuman, seperti memberikan hadiah untuk santri yang mencapai prestasi, dan menghukum para santri apabla mereka melanggar kegiatan pondok pesantren. Faktor pendukung, Para pengurus dan ustadz alumni amtsilati PP. Darul falah, perpustaan pesantren, Fasilitas yang mencukupi. Faktor penghambat, Dunia luar pesantren dan malas.
24SK2421432.00 | SK PAI 24.432 MUH u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain