SKRIPSI PAI
Efektivitas Program Literasi Dalam Gerakan Merdeka Belajar Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa PAI Di SMP Negeri 14 Pekalongan
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Program Liteasi dalam Gerakan merdeka belajar guna meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Program literasi merdeka ini mengajak peserta didik untuk selalu berprogres dalam menghadapi abad ke 21 ini, dimana sistem pembelajarannya bertransformasi ke digital. Dan program literasin ini dinilai sangat efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Tujuan penelitian ini adalah : Bagaimana Pengembangan Program literasi dalam Gerakan merdeka belajar di SMPN 14 Pekalongan, Bagaimana keefektivan Program Literasi terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 14 Pekalongan, Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Program Literasi dalam Gerakan Merdeka Belajar di SMPN 14 Pekalongan, Tujuan Penelitianya, Mendeskripsikan Pengembangan Program Literasi dalam Gerakan merdeka belajar SMP Negeri 14 Pekalongan, Mendeskripsikan keefektivan Program Lierasi terhadap prestasi belajar siswa SMPN 14 Pekalongan, Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Program Literasi dalam Gerakan Merdeka Belajar di SMPN 14 Pekalongan. Desain Penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian kualitatif pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yakni bersifat deskriptif. Ciri dari penelitian kualitatif bersifat deskriptif, dimana data tersebut dikumpulkan dari hasil observasi, beberapa dokumen, dan wawancara. Dalam riset kali ini peneliti melakukan fokus penelitian lapangan (field research). Sumber data Primer, Sumber informasi utama yang dimaksud Teknik Keabsahan data diambil dari triangulasi, bahan refenrensi dan membercheck. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengembangan Program Literasi yang dilakukan di SMP negeri 14 Pekalongan dalam pelaksanannya memanfaatkan Teknologi sebgai media pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan aplikasi Elearning. Sistemnya siswa mengerjakan soal-soal yang telah diberikan guru, siswa diberi waktu untuk meneyelesaikannya kurang lebih selama satu jam, pada pelakasanaan kegiatan ini dilakukan setiap hari sabtu dan siswa diperkenankan untuk membawa handphone. Adapun keefektivan program literasi dinilai sangat efektif dalam meningkatkan prestasi belajar, paslanya dengan adannya program literasi siswa menjadi terbiasa membaca dan mengerjakan soal-soal Latihan, sehingga ketika dihadapkan dengan ulangan harian, UTS, atapun UAS, dengan adanya pembiasaan tersebut membuat siswa senantiasa lebih giat belajar, dibanding dengan sebelumnya, sebelum diadakannya program literasi. Faktor pendukung Pelaksanaan Program Literasi di SMP Negeri 14 Pekalongan adalah antusias dari guru dan siswa mau diajak kerjasama dalam pelaksanaan program literasi dan selain itu dengan adanya program literasi ini prestasi belajar siswa kian meningkat hal ini disebabkan siswa terlatih membaca merangkum dan mengerjakan latihal soal, sehingga saat UTS ataupun UAS siswa lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal. Adapun faktor penghambatnya adalah koneksi internet yang kurang stabil karena mengakses E-learning serentak seluruh siswa dan selain itu penggunaan E-Learning untuk sementara diberhentikan, karena adanya problem, akan tetapi program literasi tetap berjalan.
24SK2421430.00 | SK PAI 24.430 RIS e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain