SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an Pada Siswa Kelas Tahfidz di SMP Muhammadiyah Pekajangan Kecamatan Kedungwuni
Pada faktanya dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an menggunakan waktu hanya satu jam dinilai terlalu singkat, sehingga siswa masih belum bisa mengatur waktu agar disiplin dalam mengolah waktu untuk hafalan Al-Qur'an. Maka hal ini terdapat hambatanhambatan dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an. selain kewajiban mereka mengikuti pelajaran formal mereka juga diwajibkan menghafal Al-Quran sesuai yang ditargetkan oleh lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran tahfidz Al-Qur'an pada siswa kelas tahfidz di SMP Muhammadiyah Pekajangan. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an pada siswa kelas tahfidz di SMP Muhammadiyah Pekajangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Pekajangan. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, dengan pendekatan kualtatif diharapkan dapat diungkapkan situasi dan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an. Teknik pengumpulan data menggunakan partisipan di sekolah SMP Muhammadiyah, observasi, wawancara, dan dokumentasi . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi pembelajaran tahfidz Al-Qur'an pada siswa kelas tahfidz ketika lulus kelas 9 sudah hafal Al-Qur’an 2 juz sesuai dengan target program kelas tahfidz Al-Qu’ran. Faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur’an adalah motivasi , kecerdasan, dan kesehatan. Sementara itu, faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an adalah terbatasnya jam pembelajaran di kelas tahfidz Al-Qur’an hanya satu jam Sehingga kurang maksimal dalam manajemen waktu, tempat, kemampuan dan manajemen diri dalam menghafal Al-Qur’an.
24SK2421427.00 | SK PAI 24.427 DIA i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain