SKRIPSI PAI
Upaya Guru Pembina Ekstrakurikuler Rebana Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMK Ma'arif NU Doro Kabupaten Pekalongan
Dalam era modern yang penuh dengan tantangan dan perubahan ini, spiritualitas remaja menjadi pilar penting yang dapat mengarahkan mereka menuju kehidupan yang bermakna dan seimbang. Pada kenyataannya di era sekarang ini, masih terdapat kasus kenakalan remaja meresahkan yang mengindikasikan bahwa lemahnya kecerdasan spiritual di kalangan remaja, sehingga mereka lebih rentan terhadap perilaku yang menyimpang yang tentunya meresahkan masyarakat. Maka pentingnya mengembangkan kecerdasan spiritual, supaya terhindar dari tindakan yang menyimpang. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apa saja upaya yang dilakukan guru pembina ekstrakurikuler rebana dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMK Ma'arif NU Doro Kabupaten Pekalongan. Serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler rebana di SMK Ma'arif NU Doro Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan upaya guru pembina ekstrakurikuler rebana dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik melalui kegiatan di SMK Ma'arif NU Doro Kabupaten Pekalongan. Serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Rebana di SMK Ma'arif NU Doro Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan yaiu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru pembina ekstrakurikuler rebana, dan peserta ekstrakurikuler rebana di SMK Ma’arif NU Doro Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan Upaya guru Pembina ekstrakurikuler rebana dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMK Ma’arif NU Doro Kabupaten Pekalongan teraktualisasi pada beberapa aspek. Aspek pertama shiddiq, melatih peserta didik untuk jujur dalam alasan ketidakhadiran dan transparan dalam pengelolaan uang kas. aspek kedua istiqomah, melatih peserta didik untuk disiplin kehadiran dan tekun dalam berlatih. Aspek ketiga amanah, melatih peserta didik untuk bertanggung jawab dalam memainkan setiap bagian alat musik rebana dan mengelola struktur kepengurusan ekstrakurikuler rebana. Aspek keempat fathonah, melatih peserta didik untuk berpikir kreatif dalam teknik bermain seperti ritme, kreativitas dalam menambahkan variasi ketukan. melatih peserta didik untuk memelihara kekompakan tim, koordinasi, dan membangun kerjasama yang baik. Aspek kelima tabligh, melatih peserta didik dalam syiar agama islam melalui pembacaan maulid simtudduror dan menyampaikan pesan yang baik melalui lirik sholawat yang viral dan mudah dimengerti. Adapun faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler rebana di SMK Ma'arif NU Doro Kabupaten Pekalongan yaitu dukungan dari sekolah yaitu fasilitas yang tersedia, adanya minat dari dalam diri siswa, guru pembina yang kompeten dalam seni rebana. Faktor penghambatnya yaitu alokasi waktu ekstrakurikuler hanya satu jam, mencari bibit personil vokal yang cukup sulit, dan tantangan dalam membangun kekompakan tim.
24SK2421414.00 | SK PAI 24.414 MOH u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain