SKRIPSI PAI
Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi 1 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan
Dalam era pendidikan sekarang, Pancasila menjadi fokus utama dalam pendidikan, terbukti dengan adanya Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila tidak dapat dipisahkan dari tujuan utama Pendidikan Agama Islam. Di SMP Negeri Islam Pegandon masih ada sebagian siswa yang berlaku kurang sopan baik kepada teman maupun guru, juga kurang bisa menghargai orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Profil Pelajar Pancasila dimensi 1 dalam pembelajaran PAI di SMP Islam Pegandon, faktor pendukung dan penghambat implementasi Profil Pelajar Pancasila dimensi 1 dalam pembelajaran PAI di SMP Islam Pegandon, dampak implementasi Profil Pelajar Pancasila dimensi 1 dalam pembelajaran PAI terhadap pembentukan karkater dan sikap spiritual peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa SMP Islam Pegandon. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: implementasi Profil Pelajar Pancasila dimensi 1 dalam pembelajaran PAI di SMP Islam Pegandon terbagi beberapa elemen atau indikator. Yang pertama ada akhlak beragama, yakni pembiasaan peserta didik untuk sholat dhuha berjama’ah; pembacaan Al-Quran setiap pagi 15 menit sebelum pembelajaran; dan kajian kitab Safinatun Najah. Yang kedua akhlak pribadi, yakni peserta didik dibiasakan untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalnya. Yang ketiga akhlak kepada manusia, yakni peserta didik dibiasakan untuk saling tolong menolong, peduli, dan empati kepada orang lain. Yang keempat akhlak kepada alam, yakni peserta didik dibiasakan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan alam sekitar. Yang kelima akhlak bernegara, yakni peserta didik dibiasakan untuk menghargai dan bertoleransi kepada sesama manusia. Kemudian untuk faktor pendukung implementasi Profil Pelajar Pancasila dimensi 1 dalam pembelajaran PAI antara lain: sekolah memberikan fasilitas yang dibutuhkan; kolaborasi pendidik dan peserta didik; pembiasaan kegiatan keagamaan sedari dulu; peran berbagai pihak sekolah, perangkat desa, dan orang tua; siswa ditunjang dengan pembelajaran diniyah. Adapun untuk faktor penghambatnya antara lain: beberapa peserta didik yang belum memiliki kesadaran penuh atas Profil Pelajar Pancasila; pergaulan dan lingkungan siswa kurang mendukung. 3) dampak implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Islam Pegandon antara lain: perubahan perilaku siswa kearah yang lebih baik; tingkat religiusitas meningkat; kasus bullying menurun; dan siswa bisa menjaga dan membawa nama baik sekolah.
24SK2421407.00 | SK PAI 24.407 ISH i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain