SKRIPSI PAI
Implementasi Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Ihsan Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Batang
Ihsan menurut aqidah islam adalah berbuat kebaikan dengan niat ibadah kepada Allah atau dilihat Allah SWT. Ihsan ini adalah perbuatan dan amal yang dihiasi dengan budi pekerti yang rendah dan ahklak yang luhur. Adanya perubahan karakter (degradasi moral) pada siswa seperti siswa yang kurang menghormati orang tua dan guru, tidak sopan dalam berkata, suka berdusta, tidak saling tolong menolong antar sesama, serta terlibat dalam kasus kenakalan remaja. Dalam hal ini guru PAI harus mempunyai strategi untuk menanamkan kembali karakter ihsan pada siswa agar menjadi siswa yang berakhlakul karimah. Strategi yang digunakan guru PAI dalam menanamkan karakter ihsan pada siswa seperti strategi pemahaman, strategi keteladanan, strategi pembiasaan dan strategi kegiatan keagamaan sekolah. Rumusan penelitian dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter ihsan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Batang?; (2) Bagaimana implikasi implementasi strategi penanaman karakter ihsan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Batang?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter ihsan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Batang; (2) Untuk mendeskripsikan implikasi implementasi strategi penanaman karakter ihsan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research, di mana peneliti langsung turun kelapangan untuk mengetahui fenomena yang terjadi, peneliti mengamati strategi guru PAI dalam menanamkan karakter ihsan pada kelas XI di SMA Negeri 2 Batang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Ihsan Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Batang diantaranya (a) strategi pemahaman dalam pembelajaran PAI yaitu strategi guru dalam menanamkan karakter ihsan melalui kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru memberikan materi sekaligus contoh dalam kehidupan sehari-hari, memberikan bimbingan, motivasi, nasihat dan pemuatan nilai-nilai positif pada siswa saat pembelajaran (b) strategi keteladanan yaitu strategi yang dilakukan melalui keteladan internal dan eksternal. Keteladanan internal yaitu keteladan dari guru PAI itu sendiri, dalam hal ini guru memberikan contoh akhlakul karimah pada siswa. Sedangkan keteladanan eksternal yaitu guru memberikan contoh keteladanan dari para tokoh Islami maupun nasional yang dapat diteladani. (c) strategi pembiasaan yaitu strategi dari suatu kegiatan yang dilakukan secara terus menerus agar dapat menjadi kebiasaan. Strategi pembiasaan yang dilakukan guru PAI dalam menanamkan karakter ihsan pada siswa seperti pembiasaan menghormati orang tua dan guru serta pembiasaan saling tolong menolong antar sesama (c) strategi kegiatan keagamaan sekolah yaitu strategi kegiatan yang dapat memberikan bimbingan dan arahan yang bersifat keagamaan agar siswa terdorong untuk menjadi pribadi yang berakhlakul karimah. Kegiatan keagamaan yang diselenggarakan seperti kegiatan peringatan hari besar islam (PHBI), ekstrakurikuler rohis, dan kegiatan pesantren kilat. pada bulan Ramadhan; (2) Implikasi Implementasi Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Ihsan pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Batang yaitu menghormati orang tua dan guru, saling tolong menolong antar sesama dalam hal kebaikan serta sopan santun dalam berbicara.
24SK2421404.00 | SK PAI 24.404 PUT i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain