SKRIPSI PAI
Pengaruh Perkuliahan Micro Teaching Terhadap Kemampuan Mahasiswa Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Teknologi di UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Era revolusi 4.0 membawa perubahan disegala bidang, termasuk di dunia pendidikan. Seorang guru abad ke- 21 dituntut untuk menguasai pengetahuan materi, keterampilan dasar mengajar, serta mengikuti perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Pengetahuan terkait pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran serta keterampilan dasar mengajar itu diajarkan di dalam perkuliahan micro teaching dalam suatu pendekatan TPACK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan perkuliahan micro teaching mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, mendeskirpsikan kemampuan mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi serta mendeskripsikan pengaruh perkuliahan micro teaching terhadap kemampuan mahasiswa pendidikan agama islam dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini, berjenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 297 mahasiswa sedangkan sampel penelitian ini adalah 68 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi perkuliahan micro teaching mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mendapatkannilai baik sebesar 48,5 %. Sedangkan kemampuan mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi multimedia interaktif berupa aplikasi game edukatif seperti quiziz, wordwall dan lain sebagainya itu sebesar 55.9 % dengan nilai baik. Kemudian terdapat pengaruh yangsignifikan antara perkuliahan micro teaching variabel X terhadap kemampuan membuat media pembelajaran berbasis teknologi variabel Y di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji regresi linier sederhana diketahui bahwa X memiliki nilai signifikansi sebesar 0.00 yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi yang ditetapkan yakni 5% atau (< 0.05 )
24SK2421403.00 | SK PAI 24.403 NUR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain