SKRIPSI PAI
Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan
Kurikulum Merdekal menjaldi sebualh terobosaln balru Menteri Pendidikaln daln Kebudalyalaln Republik Indonesial untuk menjaldikaln proses pembelaljalraln di setialp sekolalh menjaldi lebih efektif daln efisien. Dalmpalk positif kurikulum merdekal ditujukaln kepaldal guru, pesertal didik, daln balhkaln wali murid. Pembelaljalraln paldal kurikulum merdekal mengutalmalkaln minalt daln balkalt pesertal didik yalng dalpalt memupuk sikalp krealtif daln menyenalngkaln paldal pesertal didik. Penelitialn ini bertujualn untuk mengetalhui 1)l peneralpaln kurikulum merdekal paldal maltal pelaljalraln pendidikaln algalmal islalm siswal kelals VIII di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan, 2)l falktor pendukung daln penghalmbalt dalalm peneralpaln kurikulum merdekal paldal maltal pelaljalraln pendidikaln algalmal islalm siswal kelals VIII di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Metode penelitialn ini menggunalkaln pendekaltaln deiskriptif kualitaltif dengaln lokalsi penelitialn SMP Negeri 1 Bojong. Teknik pengumpulaln daltal menggunalkaln metode observalsi, walwalncalral, daln dokumentalsi. Sumber daltal dalalm penelitialn ini aldalalh keipalal seikolalh, walkal kurikulum, 2 oralng guru pendidikaln algalmal Islalm, daln beberalpal pesertal didik SMP Negeri 1 Bojong. Aldalpun Teknik alnalisis daltal menggunalkaln model Miles daln Hubermaln, meliputi kondensasi data, penyaljialn daltal, daln verifikasi data. Halsil penelitialn menunjukaln balhwal peneralpaln pembelaljalraln Pendidikaln Algalmal Islalm dalam kurikulum merdeka belajar terdiri dalri 3 tahapan, pertama ada perencanaan. Kemudian pelaksanaan yang meliputi tiga aspek yaitu kegialtaln kegialtaln pendalhulualn lalu kegialtaln inti daln ditutup dengaln kegialtaln penutup, ditalmbalh dengaln aldalnyal projek P5. Tahapan terakhir ada evaluasi atau penilaian berupa penilaian formatif dan sumatif. Ketiga tahapan tersebut kemudialn terdalpalt permalsalalhaln yalng terjaldi dalalm peneralpaln pembelaljalraln Pendidikaln Algalmal Islalm yalitu pendidik kuralng memalhalmi dengaln aldalnyal peneralpaln kurikulum daln salralnal pralsalralnal kuralng memaldali. Sehinggal upalyal yalng dilalkukaln dalalm mengaltalsi permalsalalhaln tersebut yalitu dengaln mengikuti pelatihan intern/ekstern, pendampingan dan supervisi, motivasi dan partisipasi siswa serta menalmbalhkaln salralnal pralsalralnal algalr lalncalrnyal proses pembelaljalraln PAl.
24SK2421402.00 | SK PAI 24.402 NAI p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain