SKRIPSI PBS
Pengaruh Word Of Mouth (WOM), Promosi, Religiositas,dan Lokasi Terhadap Keputusan Menabung Pada Anggota KSU Kota Santri KC Wiradesa
Keputusan menabung merupakan salah satu tindakan keuangan yang penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi individu maupun kelompok. Di tengah dinamika ekonomi yang terus berkembang, keputusan menabung menjadi semakin penting untuk memastikan stabilitas keuangan di masa depan. Penelitian ini menggunakan teori perilaku terencana atau theory planned of behavior yang merupakan sebuah teori yang fokus pada logika tindakan manusia dan keyakinan mereka tentang perilaku yang diinginkan yang dikendalikan oleh kesadaran individu sendiri. Dengan melibatkan faktor-faktor yang berhubungan dengan keputusan menabung anggota diantaranya yaitu word of mouth, promosi, religiositas, dan lokasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research, dengan pendekatan kuantitatif, yang berarti penelitian dilakukan langsung di lapangan untuk mengumpulkan data yang kemudian dianalisis secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota aktif KSU Kota Santri KC Wiradesa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah cluster sampling, dimana peneliti membagi populasi menjadi beberapa kelompok untuk penelitian. Sampel yang diperoleh berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui penyebaran kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel word of mouth, promosi, dan religiositas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung anggota, sedangkan variabel lokasi tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan menabung anggota. Secara simultan, variabel word of mouth, promosi, religiositas, dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung anggota.
24SK2442122.00 | SK PBS 24.122 FRI p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain