SKRIPSI PBS
Pengaruh Teknologi Informasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dengan Citra Perusahaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Nasabah Bank BSI di Kota Pekalongan)
Kualitas pelayanan, citra perusahaan, dan kepercayaan nasabah merupakan siklus yang saling memengaruhi satu sama lain. Kualitas pelayanan yang baik membentuk citra perusahaan yang positif, yang pada gilirannya memperkuat kepercayaan nasabah. Pada era modern seperti sekarang ini, dunia perbankan mencoba mendongkrak kualitas pelayanan mereka seiring kemajuan teknologi. Pengembangan berbasis teknologi informasi sangat penting bagi bank dan lembaga keuangan untuk memberikan layanan nasabah yang memuaskan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teknologi Informasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekalongan, baik secara langsung maupun melalui Citra Perusahaan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional dengan menerapkan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Nasabah BSI yang bertempat tinggal/berdomisili di Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa penyebaran kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden dan mengunakan rumus lemeshow dalam menentukan jumlah sampel, kemudian sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa melalui metode SEM-PLS memperoleh hasil bahwa (1) Teknologi Informasi berpengaruh terhadap Citra Perusahaan dengan nilai original sample 0,262, nilai p-value sebesar 0,006 dan t-statistic sebesar 2,752. (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Citra Perusahaan dengan nilai original sample 0,608, nilai p-value sebesar 0,000 dan t-statistic sebesar 6,792. (3) Teknologi Informasi berpengaruh terhadap Kepercayaan Nasabah dengan nilai original sample 0,256, nilai p-value sebesar 0,002 dan t-statistic sebesar 3,149. (4) Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh terhadap Kepercayaan Nasabah dengan nilai original sample 0,163, nilai p-value sebesar 0,099 dan t-statistic sebesar 1,653. (5) Citra Perusahaan berpengaruh terhadap Kepercayaan Nasabah dengan nilai original sample 0,559, nilai p-value sebesar 0,000 dan t-statistic sebesar 6,255. (6) Teknologi Informasi berpengaruh terhadap Kepercayaan Nasabahnya melalui Citra Perusahaan, dengan nilai original sample 0,146, nilai p-value sebesar 0,007 dan t-statistic sebesar 2,687. (7) Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepercayaan Nasabahnya melalui Citra Perusahaan, dengan nilai original sample 0,340, nilai p-value sebesar 0,000 dan t-statistic sebesar 4,450.
24SK2442118.00 | SK PBS 24.118 AKH p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain