SKRIPSI PBS
Penerapan Nilai-Nilai Islam dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Batang
Konsep loyalitas pelanggan dipahami sebagai sikap senang pelanggan dan perilaku pembelian secara berulang-ulang. Jumlah total nasabah berdasarkan data statistik jumlah nasabah perbankan syariah di provinsi Jawa tengah mengalami penurunan. Munculnya problem tersebut harus diselesaikan agar masyarakat Jawa Tengah mempunyai minat menjadi nasabah di bank syariah. Namun, minimnya pengetahuan masyarakat mengenai pengaruh penerapan nilai-nilai Islam pada bank syariah belum mendorong daya minat masyarakat. Meskipun bank syariah sudah menerapkan nilai-nilai Islam dalam prosedur dan mekanisme kinerjanya masih ditemukan adanya minim kepercayaan masyarakat, sehingga masyarakat yang menabung tidak menjadi nasabah yang loyal. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan penelitian kuantitaif dan penelitian replikasi. Dimana variabel yang digunakan yaitu nilai kebebasan (al-hurriyah), nilai kesetaraan (al-musawah), nilai keadilan (al-‘adalah), nilai kerelaan (al-rida), nilai kejujuran (as-shidq), dan nilai tertulis (al-kitabah) dan loyalitas nasabah. Populasi dalam penelitian ini ialah nasabah BSI KCP Batang dengan sampel sebanyak 96 responden. Sumber data yang dilakukan dalam penelitian ini ialah data primer dan metode penelitian yang dilakukan yaitu penyebaran kuisioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel nilai kebebasan (al-hurriyah), nilai kesetaraan (al-musawah), nilai kerelaan (al-rida), nilai kejujuran (As-Shidq), dan nilai tertulis (al-kitabah) berpengaruh positif fan signifikan terhadap variabel variabel loyalitas nasabah. Tetapi pada variabel nilai keadilan (al-‘adalah) tidak berpengaruh terhadap variabel loyalitas nasabah. Nilai koefiesien determinasi (R2) yang dihasilkan dari uji regresi sebesar 0,581 .Hal ini berarti kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat sebesar 58,1%. sedangkan sisanya 41,9% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Nilai Kebebasan (al-hurriyah), Nilai Kesetaraan (al-musawah), Nilai Keadilan (al-‘adalah), Nilai Kerelaan (al-rida), Nilai Kejujuran (As-Shidq), dan Nilai Tertulis (al-kitabah) dan Loyalitas Nasabah.
24SK2442117.00 | SK PBS 24.117 NUR p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain