SKRIPSI PIAUD
Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini di SPS Al-Walfaa Gumingsir Langkap
Kompetensi yang harus dikuasai pendidik adalah kompetensi kepribadian, kompetensi kepribadian merupakan kompetensi yang paling mendasar, kompetensi yang abstrak dan hanya dilihat dari perilaku. Kompetensi kepribadian guru perlu di implementasikan oleh pendidik dalam lingkup pendidikan untuk mengembangkan karakter anak usia dini. Rumusan masalah penelitian ini: bagaimana implementasi kompetensi kepribadian guru dalam mengembangkan karakter anak usia dini di SPS Al-Wafaa Gumingsir Langkap; dan apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kompetensi kepribadian guru utuk mengembangkan karakter anak usia dini di SPS Al-Wafaa Gumingsir Langkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kompetensi kepribadian guru dalam mengembangkan karakter anak usia dini di SPS Al-Wafaa Gumingsir Langkap dan faktor pendukung serta penghambat yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kompetensi kepribadian guru utuk mengembangkan karakter anak usia dini di SPS Al-Wafaa Gumingsir Langkap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yakni pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kualitatif. Teknik pengmpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: Implementasi kompetensi kepribadian guru di SPS Al-Wafaa Gumingsir Langkap menunjukkan komitmen dan keberhasilan guru dalam membentuk karakter anak-anak. Pendekatan yang mencakup nilai-nilai positif, kepedulian, profesionalisme, dan integritas menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pertumbuhan holistik siswa. Langkah-langkah yang diambil oleh guru di SPS Al-Wafaa memberikan fondasi yang kokoh untuk pengembangan karakter anak usia dini yang berkelanjutan. Problematika dan solusi yang dihadapi guru di SPS Al-Wafaa Gumingsir Langkap menunjukkan upaya konkret dalam mengatasi problematika dan meningkatkan implementasi kompetensi kepribadian. Solusi yang diterapkan, seperti memberikan hukuman, melibatkan orang tua, pendekatan personal dengan siswa, dan kolaborasi antar guru, menunjukkan komitmen mereka untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif dan mendukung pembentukan karakter siswa. Dengan demikian, pendekatan ini dapat dianggap sebagai langkah-langkah yang efektif dalam menghadapi dan mengatasi tantangan yang dihadapi oleh guru di SPS Al-Wafaa Gumingsir Langkap.
24SK2424094.00 | SK PIAUD 24.094 LAI i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain