SKRIPSI PIAUD
Penerapan Metode Tabarak Untuk Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Pada Anak Usia 5-6 Tahun di KB Muslimat NU Sunan Kalijaga Kaliwadas Adiwerna Tegal
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tabarak dalam meningkatkan hafalan surat pendek anak usia 5-6 tahun di KB Muslimat NU Sunan Kalijaga Kaliwadas Adiwerna Tegal. Metode Tabarak adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada penggunaan teknik bermain dan interaktif untuk memfasilitasi proses menghafal al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tabarak di KB Muslimat NU Sunan Kalijaga Kaliwadas Adiwerna Tegal efektif dalam meningkatkan kemampuan anak-anak dalam menghafal surat-surat pendek Al-Qur'an. Metode tabarak yang diterapkan di KB Muslimat NU Sunan Kalijaga yaitu mentalqinkan bacaan al-Qur’an dan murojaah hafalan dengan memperdengarkan Murttotal yang memanfaatkan media elektronik berupa TV, MP3, Speaker, dan MIC. Pada penerapannya terdapat faktor pendukung keberhasilan dan faktor penghambat. Adapun untuk faktor pendukung terdapat 5 aspek yaitu ruangan yang kondusif, ustadzah yang ramah, tahsin dan tahfidz ustadzah yang bagus, sarana dan prasarana memadai, serta dukungan orang tua dalam kegiatan menghafal surat-surat pendek. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari 5 aspek yaitu kurangnya fokus anak, anak yang sering tidak masuk, kesibukan orang tua yang kurang mengontrol anaknya, sekolah tidak menggunakan 2 file video (tikror dan murojaah), serta kurangya disiplin anak dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
24SK2424092.00 | SK PIAUD 24.092 SYI p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain