SKRIPSI PBA
Implementasi Tariqah As-Sam'iyyah Asy-Syafawiyyah Dalam Pembelajaran Mufradat Siswa Kelas X MAN Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini berangkat dari permasalahan pada Implementasi Ṭariqah As-sam’iyyah asy-syafawiyyah dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas X MAN Kabupaten Pekalongan utamanya fokus pada adanya ketidaktahuan pemahaman siswa terhadap mufradāt. Sedangkan permasalahan lain terdapat pada implementasi Ṭari>qah As-sam’iyyah asy-syafawiyyah, yaitu kecenderungan siswa hanya terpaku pada stimulus yang berupa mufradātyang diajarkan oleh guru bahasa Arab. Rumusan masalah dari penelitiaan ini adalah : 1. Bagaimana Implementasi Ṭarîqah as-sam’iyyah asy-syafawiyyah dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas X MAN Kabupaten Pekalongan? 2. Apa kelebihan dan kekurangan Implementasi Ṭari>qah As-sam’iyyah asy-syafawiyyah dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas X MAN Kabupaten Pekalongan.? 3. Bagaimana upaya pemaksimalan implementasi Ṭari>qah As-sam’iyyah asy-syafawiyyah dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas X MAN Kabupaten Pekalongan? Adapun tujuan dari penelitian ini guna mengetahui dan menganalisis bagaimana implementasi implementasi Ṭari>qah As-sam’iyyah asy-syafawiyyah dalam pembelajaran mufradāt, mencakup kelebihan dan kekurangan Ṭari>qah As-sam’iyyah asy-syafawiyyah dan melakukan upaya pemaksimalan implementasi Ṭari>qah As-sam’iyyah asy-syafawiyyah dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas X MAN Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field reseach) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data primer yaitu: Guru, siswa, waka kurikulum, dan kepala madrasah. Sedangkan sumber data sekunder berupa buku dan data kepustakaan yang berkaitan dengan judul penelitian. Adapun teknik analisis data adalah teori analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa: 1. Implementasi Ṭari>qah As-sam’iyyah asy-syafawiyyah dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas X MAN Kabupaten Pekalongan. Dalam penerapannya terdapat 3 pokok kegiatan yang dilakukan oleh guru Bahasa Arab, antara lain tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2. Mengetahui kelebihan dan kekurangan implementasi ṭari>qah ini salah satunya ketepatan siswa dalam melafalkan mufradāt, sedangkan kekurangnya kecenderungan siswa terpaku bosan dan mengantuk karena siswa hanya fokus menyimak dan menirukan stimulus berupa mufradāt secara berulang- ulang. 3. Upaya pemaksimalan yang di lakukan oleh guru pada Implementasi Ṭari>qah As-sam’iyyah asy-syafawiyyah dalam pembelajaran mufradāt terdapat permainan Bahasa Arab, media aleef dan kegiatan berdiskusi.
24SK2422029.00 | SK PBA 24.029 SYA i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain