SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Eklektik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MA SS Proto Kedungwuni Pekalongan
Kendala-kendala dalam pengajaran bahasa Arab secara garis besar dapat dibagi mejadi tiga faktor yaitu faktor linguistik, sosikultural dan metodoligis. Dalam pembelajaran bahasa Arab ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu tujuan pembelajaran bahasa Arab itu sendiri, dimana siswa mampu memiliki empat maharah yaitu, maharah istima’, maharah qira’ah, maharah kitabah, maharah kalam. Salah satu penggunaan metode dalam pembelajaran bahasa Arab adalah metode eklektik. Metode eklektik adalah metode yang disajikan dalam bentuk kombinasi dari bermacam-macam metode. Pembelajaran bahasa Arab di MA SS Proto Kedungwuni Pekalongan, mengalami kurang bergairah dan bersemangat dalam pembelajaran khususnya bagi siswa-siswa. Hal ini terlihat dari hasil observasi penulis di lapangan. Dimana penulis menemukan bahwa siswa kurang mendengarkan dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh pengajar di kelas. Dalam penelitian ini merumuskan masalah bagaimana implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di MA SS Proto Kedungwuni Pekalongan dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di MA SS Proto Kedungwuni Pekalongan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di MA SS Proto Kedungwuni Pekalongan dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di MA SS Proto Kedungwuni Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian studi lapangan (field research) dengan mengambil tempat di MA SS Proto Kedungwuni Pekalongan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan proses impementasi pembelajaran bahasa Arab di MA SS Proto Kedungwuni Pekalongan dimana guru mempersiapkan tiga tahapan yaitu awal mulai dari menyusun materi dan RPP setelah itu tahapan pelaksanaan guru mengkombinasi metode eklektik kemudian tahapan terakhir adalah evaluasi, yaitu siswa mengerjakan soal atau tanya balik mengenai materi yang sudah disampaikan dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun faktor pendukung implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di MA SS Proto Kedungwuni Pekalongan adalah profesionalisme guru, dan media pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di MA SS Proto Kedungwuni Pekalongan adalah karakteristik siswa, dan minat siswa kepada bahasa Arab.
24SK2422028.00 | SK PBA 24.028 MUH i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain