SKRIPSI PBA
Kompetensi Profesional Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Ribatul Muta'Allimin Kota Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar bahasa Arab siswa di MA Ribatul Muta’allimin karena menganggap bahwasanya bahasa Arab adalah bahasa yang sulit dipelajari dan dipahami karena bahasa Arab termasuk bahasa asing. Padahal dari guru pengampu sendiri sudah memvariasi proses pembelajaran yang sekiranya dapat menjadikan siswa semangat dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Namun, masih banyak siswa yang pasif dalam proses pembelajaran dan kurang memperhatikan ketika guru menyampaikan materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1)Bagaimana kompetensi profesional guru dalam pembelajaran bahasa Arab.2)Apa faktor pendukung dan faktor penghambat kompetensi profesional guru dalam pembelajaran bahasa Arab. 3) Bagaimana upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk:1)Mengetahui kompetensi profesional guru dalam pembelajaran bahasa Arab.2)Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kompetensi profesional guru dalam pembelajaran bahasa Arab.3) Mengetahui upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran bahasa Arab. Pendekatan penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Dengan jenis penelitian field research (lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Ribatul Muta’allimin sudah profesional dan sudah memenuhi kriteria kompetensi profesional yang berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Faktor pendukungnya adanya komitmen guru terhadap pendidikan dan pengembangan dirinya dan integrasi antara madrasah dengan pondok pesantren serta madrasah diniyah serta kesesuaian antara ijazah yang dimiliki guru bahasa Arab dengan mata pelajaran yang diampunya. Faktor penghambatnya adalah minat belajar siswa yang rendah, perbedaan latar belakang pendidikan siswa dan keterbatasan saranadan prasarana. Upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran bahasa Arab adalah dengan mengikutkan guru dalam KKG/MGMP setiap dua bulan sekali secara keseluruhan, mengadakan pertemuan guru mapel, pelatihan-pelatihan, seminar, diklat, workshop baik dari pihak sekolah ataupun luar.
24SK2422026.00 | SK PBA 24.026 NUR k | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain