SKRIPSI PBA
Efektivitas Metode Talking Stick Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V MI Nu An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah terkait kemampuan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI NU An-Nur Bebel. Guru belum menggunakan metode pembelajaran kosakata bahasa Arab yang variasi sehingga penguasaan kosakata bahasa Arab siswa ini tergolong masih rendah. Oleh karena itu, peneliti terdorong untuk melakukan sebuah penelitian pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan metode talking stick. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas metode talking stick dalam penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V di MI NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, serta apakah terdapat perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab yang diterapkan dan tidak diterapkan metode talking stick pada siswa kelas V MI NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode talking stick dalam penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V di MI NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab yang diterapkan dan tidak diterapkan metode talking stick pada siswa kelas V MI NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan desain nonequivalent control group yang mana ada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan dari data hasil penelitian Efektivitas Metode Talking Stick Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V MI NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, dapat disimpulkan bahwa metode talking stick efektif dalam penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Diketahui bahwa nilai thitung sebesar 2,172 > ttabel sebesar 2,021, maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab yang diterapkan dan tidak diterapkan metode talking stick pada siswa kelas V MI NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.
24SK2422030.00 | SK PBA 24.030 KHU e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain