SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiwa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Tadris Matematika UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
Gaya belajar merujuk pada cara orang memperoleh informasi dan menggunakan strategi untuk merespon suatu tugas. Di sisi lain, motivasi mahasiswa merupakan proses internal yang mengaktifkan, memandu dan mempertahankan perilaku dari waktu ke waktu. Individu termotivasi karena berbagai alasan yang berbeda, dengan intensitas yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana gaya belajar dan motivasi mahasiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Tadris Matematika. Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan sebelumnya, maka pertanyaan penelitian ini adalah: 1)Apakah gaya belajar berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata kuliah Aljabar Linear di Tadris Matematika UIN KH Abdurahman Wahid?, 2) Apakah motivasi mahasiswa berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata kuliah Aljabar Linear di Tadris Matematika UIN KH Abdurahman Wahid? Penelitianjkuantitatif merupakan suatu langkah atau cara meneliti untuk menemukan suatu penelitian ilmiah dengan memanfaatkan data berupa angka dan dikelola secara statistik.. Analisis data menggunakan teknik analisis uji regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan (thitung 5,152 > ttabel 2,011 ) antara gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (H0 ditolak dan Ha diterima). (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan (thitung -0,348 < ttabel 2,011) antara motivasi mahasiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (Ha ditolak dan H-0 diterima). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan (Fhitung 14,534 > Ftabel 3,19) antara gaya belajar dan motivasi mahasiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Pekalongan (H0 ditolak dan Ha diterima). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi R2 variabel kemandirian belajar dan disposisi matematis menunjukkan angka 0,382, yang artinya variabel bebas kemandirian belajar dan disposisi matematis berpengaruh terhadap variabel terikat prestasi belajar matematika siswa sebesar 38,2%, dan sebesar 41,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
24SK2426070.00 | SK TM 24.070 KHA p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain