SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran M-Apos (Action, Process, Object, Scheme) Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII Di MTs NU 01 Pecalungan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih tergolong rendah pada pemahaman konsep matematika dibanding dengan mata pelajaran lain di sekolah. Salah satu faktornya yakni kurangnya pengembangan pemahaman serta penguasaan konsep saat proses pembelajaran berlangsung. Padahal pemahaman konsep merupakan modal dasar yang baik guna mencapai kemampuan dasar penalaran, komunikasi, koneksi, serta pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini ialah: (1) Untuk menganalisis pemahaman konsep siswa melalui implementasi model pembelajaran M-APOS (Action, Process, Object, Scheme) pada materi SPLDV di MTs NU 01 Pecalungan. (2) Untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran M-APOS (Action, Process, Object, Scheme) terhadap pemahaman konsep pada materi SPLDV di MTs NU 01 Pecalungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design one-group pretest-posttest desaign. Teknik pengembalian sampel melalui Purposive Sampling. Instrument yang digunakan berupa tes tertulis dengan analisis uji Paired Sample t-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) hasil nilai tes pemahaman konsep siswa kelas VIII MTs NU 01 Pecalungan, yang mana hasil nilai posttest lebih tinggi dari hasil niai pretestnya., pretest pemahaman konsep dengan sampel 36 siswa memiliki nilai range 30, nilai mean =55,67 dengan standar deviasi 7,195 dan nilai variance 51,771. Selanjutnya, posttest pemahaman pemahaman konsep siswa memiliki nilai range 31, nilai mean =77,06 dengan standar deviasi 9,146 dan nilai variance 83,654. 2) dan nilai sig. (2tailed)=0,000
24SK2426069.00 | SK TM 24.069 IZZ p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain