SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Kemandirian Belajar dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Mahasiswa Tadris Matematika Universitas Islam Negri K. H. Abdurrahmah Wahid Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi kemandirian belajar yang semakin krusial, karena mahasiswa harus mampu mencari, memahami, dan mengaplikasikan informasi secara mandiri. Di sisi lain, disposisi matematis mencerminkan sikap dan kecenderungan mahasiswa dalam menghadapi matematika, termasuk persepsi, kepercayaan diri, dan minat terhadap mata kuliah . Kedua kompetensi ini menjadi determinan utama dalam pencapaian prestasi akademik yang optimal. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. 2) untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap prestasi belajar mahasiswa. 3) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan disposisi matematis terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode survei pada 50 mahasiswa mata kuliah aljabar linear Tadris Matematika dengan teknik random sampling. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data untuk kemandirian belajar dan disposisi matematis menggunakan angket, sedangkan untuk prestasi belajar menggunakan hasil Ujian Tengah Semester mata kuliah aljabar linear. Analisis data menggunakan teknik analisis uji regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan (thitung 2,970 > ttabel 2,01063 ) antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar sebesar 15,5%. (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan (thitung 1,730 < ttabel 2,01063) antara disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika pada mata kuliah aljabar linear mahasiswa Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (Ha ditolak dan H-0 diterima). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan (Fhitung 4,351 > Ftabel 3,195) antara kemandirian belajar dan disposisi matematis terhadap prestasi belajar (H0 ditolak dan Ha diterima sebesar 15,6%, dan sebesar 84,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
24SK2426064.00 | SK TM 24.064 IZZ p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain