SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Kitab Risalatul Qurro' Wal Huffadh Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur'an Pada Santri Putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan
Pembaca ataupun penghafal Al-Qur’an di era sekarng ini sangat banyak dijumpai, Tetapi seringkali tidak memperhatikan ilmu membaca Al-Qur’an yang terdapat didalamnya. Untuk itu perlu adanya penanganan dalam menghadapi masalah tersebut, salah satu penanganan yang dapat dilakukan yaitu mengimplementasikan ilmu membaca Al-Qur’an melalui pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh, untuk menigkatkan kualitas membaca Al-Qur’an yang dapat diterapkan dalam kehidupan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada santri putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan?,.Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada santri putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada santri putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada santri putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penyajian ini yakni ustadzah, pengasuh pondok pesantren dan santri. Teknik yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh pada santri putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan dapat meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an. Tahapan dalam implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh dilaksanakan diawali dengan pemberian materi oleh pengampu, dengan menggunakan metode ceramah, Tanya jawab serta praktek. Bentuk implementasinya dibuktikan dengan bentuk kualitas membaca Al-Qur’an pada kehidupan sehari-harinya. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh pada santri putri yaitu guru, lingkungan sosial dan buku panduan. Sedangkan faktor penghambat implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh pada santri putri diantaranya kondisi psikis santri, kemampuan santri serta kelelahan.
24SK2421392.00 | SK PAI 24.392 RIF i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain