SKRIPSI PAI
Peran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Pada Siswa VII Di MTS Negeri Batang
Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam diharapkan menjadi pembelajaran yang mengedepankan karakter terutama karakter mandiri, kreatif dan inovatif. Sebab, menurut beliau bahwa karakter mandiri, kreatif dan inovatif sangat diperlukan oleh setiap individu untuk mengembangkan diri. Walaupun memang, tidak dipungkiri bahwa pendidikan karakter juga ditegaskan dalam mata pelajaran yang lain, seperti Pendidikan Kewarganegaraan bahkan pendidikan Mulok Sekolah. Akan tetapi, seperti yang telah diterangkan dalam beberapa kesempatan pertemuan antara peneliti dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut, bahwa pendidikan karakter mandiri, kreatif dan inovatif atau enterpreneur tersebut, akan lebih dimaksimalkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana Peran Pendidikan Agama Islam Dalam membentuk Karakter Entrepreneur Pada Siswa Di MTs Negeri Batang, mengidentifikasi Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Pada Siswa Di MTs Negeri Batang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan melakukan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru dan beberapa siswa Kelas VII di MTs Negeri Batang. Dari hasil penelitan yang dilakukan diperoleh simpulan sebagai berikut: Pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis enteprenuership di MTs Negeri Batang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam melalui 2 cara. Di antaranya melalui pembelajaran yang terdapat di dalam modul pembelajaran pada kolom Profil Pelajar Pancasila di antaranya Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia 2. Mandiri 3. Bernalar kritis 4. Kreatif 5. Bergotong-royong 6. Berkebinekaan global. Selain itu, ada kesepakatan kelas di antaranya. Siswa datang tepat waktu, Siswa mandiri belajar dan mengerjakan tugas, siswa kreatif dan inovatif dalam kehidupan di kelas PAI.
24SK2421383.00 | SK PAI 24.383 RUM p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain