SKRIPSI PAI
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Nilai-Nilai Toleransi Peserta Didik Di SMK Texmaco Pemalang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam penguatan nilai-nilai toleransi peserta didik di SMK Texmaco Pemalang. Toleransi, sebagai salah satu nilai fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Guru PAI memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan sikap toleran siswa melalui berbagai metode pengajaran dan kegiatan pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan latar bekakang dari keberagaman peserta didik SMK Texmaco yang lebih cenderung heterogen dalam hal latar belakang internal keagamaan Islam seperti (NU, Muhammadiyah, LDII, dan sebagainya), maupun agama yang dipeluknya seperti (Katholik, Kristen, dan Protestan). Namun dalam praktiknya masih banyak kendala yang dihadapi oleh guru PAI, seperti kurangnya kesadaran peserta didik akan sikap toleransi, adanya peserta didik yang fanatik terhadap aliran agama tertentu menjadi hambatan dalam terwujudnya toleransi yang kuat di SMK Texmaco Pemalang. Dari dua kenyataan diatas antara idealita dengan realita menunjukkan bahwa ada sebuah model percontohan yang bisa kemudian di teliti lebih lanjut terkait dengan upaya yang telah di lakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMK Texmaco dalam menguatkan nilai-nilai toleransi kepada peserta didik yang notabene heterogen di lihat dari latar belakang organisasi keagamaan maupun latar belakang agama yang di peluknya. Penguatan toleransi peserta didik tidak hanya sebatas pemberian materi di kelas, tetapi juga mencakup pembinaan karakter penanaman nilai-nilai moral serta pengembangan karakter yang dapat dilakukan melalui berbagai aktivitas seperti diskusi kelompok, kegiatan keagamaan, serta pemberian contoh teladan dalam perilaku sehari-hari. Dengan demikian mengkaji dan meneliti terkait dengan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menguatkan nilai toleransi peserta didik adalah sesuatu yang relevan dan urgent untuk di lakukan.
24SK2421381.00 | SK PAI 24.381 MUH u | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain