SKRIPSI PGMI
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Power Point Animasi Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V MI Salafiyah Sidorejo Kabupaten Batang
Matematika sering dianggap rumit dan sulit dimengerti, membuat beberapa siswa merasa takut dan kurang antusias dalam mempelajarinya. Hal ini dapat memengaruhi prestasi matematika mereka yang tidak mencapai standar yang memuaskan. Berdasarkan penelitian di MI Salafiyah Sidorejo Kabupaten Batang, ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas V pada materi bangun ruang masih rendah, dengan sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah 60, menandakan bahwa mereka belum mencapai pemahaman yang memadai. Kondisi ini dipengaruhi oleh pengalaman belajar yang kurang bermakna, terutama karena penggunaan media pembelajaran yang terbatas pada modul ajar. Sebagai solusi, penelitian ini mengusulkan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis power point animasi. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran matematika berbasis power point animasi pada materi bangun ruang untuk siswa kelas V MI Salafiyah Sidorejo Kabupaten Batang. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluate). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, tes, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil akhir validitas media pembelajaran matematika berbasis power point animasi memperoleh skor rata – rata 48,5 atau 88,17 % dengan kategori “sangat layak” oleh ahli materi dan memperoleh skor rata – rata 103,5 atau 94,08 % dengan kategori “sangat layak” oleh ahli media. Hasil akhir kepraktisan media pembelajaran matematika berbasis power point animasi berdasarkan aspek kepraktisan memperoleh skor 68 atau 85% dengan kategori “sangat praktis” oleh guru matematika dan memperoleh skor rata – rata 22,18 atau 92,14 % dengan kategori “sangat praktis” oleh peserta didik. Hasil akhir keefektifan media pembelajaran matematika berbasis power point animasi pada hasil pre test mendapatkan persentase 29,62 % dan post test mendapatkan persentase 85,18 % yang mana bisa terlihat bahwa media pembelajaran matematika berbasis power point animasi terbukti keefektifannya.
24SK2423141.00 | SK PGMI 24.141 AKH p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain