SKRIPSI PGMI
Strategi Guru Dalam Menghadapi Keragaman Karakter Anak Pada Kelas 6 Mis Manbaul Huda Gumawang Wiradesa Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi dengan realitas yang terjadi bahwasanya guru di MIS Manbaul Huda Gumawang Wiradesa menghadapi tantangan perbedaan karakter antara anak pondok dan non-pondok. Strategi pembelajaran yang efektif memerlukan pengakuan dan penghargaan terhadap perbedaan latar belakang, kolaborasi, dukungan tambahan, serta sikap terbuka dan sensitif dari guru. Faktor seperti kurangnya istirahat bagi anak pondok dan ketidakmerataan akses fasilitas memengaruhi konsentrasi dan fokus belajar mereka. Perbedaan karakter seperti kedisiplinan, kefokusan, religiusitas, keaktifan, dan kemandirian juga menjadi faktor dalam implementasi strategi pembelajaran. Dengan keterikatan pada teori karakter Thomas Lickona, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengajaran karakter yang efektif di kelas 6 MIS Manbaul Huda Gumawang Wiradesa, dengan fokus pada faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan mengenai strategi guru dalam menghadapi keragaman karakter anak di kelas 6 MIS Manbaul Huda Gumawang Wiradesa Pekalongan, (2) Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dalam menghadapi keragaman karakter anak kelas 6 MIS Manbaul Huda Gumawang Wiradesa serta, (3) Mendeskripsikan apa saja faktor penghambat dalam menghadapi keragaman karakter anak kelas 6 MIS Manbaul Huda Gumawang Wiradesa Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang menggunakan metode untuk menggambarkan suatu hasil penelitian dengan pendekatan kualitatif yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Strategi guru dalam menghadapi keragaman karakter anak pada kelas 6 di MIS Manbaul Huda Gumawang Wiradesa Pekalongan antara lain pemahaman yang mendalam tentang karakter anak, diferensiasi pengajaran yang responsif dan lingkungan inklusif. (2) Faktor pendukung pada strategi guru dalam menghadapi keragaman karakter anak di kelas 6 MIS Manbaul Huda Gumawang Wiradesa Pekalongan yaitu adanya dukungan, penerapan strategi diferensiasi pengajaran, dan lingkungan belajar. (3) Faktor penghambat pada strategi guru dalam menghadapi keragaman karakter anak di kelas 6 MIS Manbaul Huda Gumawang Wiradesa Pekalongan yaitu keterbatasan SDA, ketidakmampuan mengidentifikasi kebutuhan siswa, dan kurangnya pelatihan guru.
24SK2423139.00 | SK PGMI 24.139 MUF s | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain