SKRIPSI PGMI
Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Tangga Pintar Satuan Panjang Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD Negeri Ambokembang Pekalongan
Latar belakang yang mendasari penelitian ini yaitu masih rendahnya hasil belajar matematika siswa, serta kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran yang masih sederhana dan banyak didominasi oleh guru menyebabkan siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Salah satu cara yang bisa dilakukan guru agar siswa terlibat dalam kegiatan pembelajaran matematika terutama pada materi satuan panjang yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan memanfaatkan media tangga pintar satuan panjang dalam pembelajaran matematika dikelas, agar dalam pelaksanaanya tetap sasaran ,efektif dan efisien. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang pada pembelajaran matematika siswa kelas V di SD Negeri Ambokembang? 2) Apakah penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri Ambokembang?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang pada pembelajaran matematika siswa kelas V di SD Negeri Ambokembang 2) Untuk mengetahui efektivitas penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v di SD Negeri Ambokembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-Experimental Design dengan one group pretest-posttest design. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang dalam pembelajaran matematika dilakukan melalui 5 tahapan yaitu 1). Orientasi siswa pada masalah, 2). Mengorganisasikan siswa dalam belajar, 3). Membimbing siswa dalam penyelidikan kelompok, 4). Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5). Menganalisis dan mengavaluasi proses penyelesaian masalah. Penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang pada pembelajaran matematika dapat dikatakan berhasil, hal ini berdasarkan hasil observasi yang telah sesuai dengan lembar observer, serta dikuatkan dengan adanya respon yang baik dari siswa. Selain itu hasil perhitungan uji hipotesis juga menunjukkan nilai rata-rata posttest lebih besar dari nilai rata-rata pretest sebesar 69.00 nilai pretest dan 78.00 dengan nilai Signifikan kurang dari 0,001 atau lebih kecil dari 0,05, maka HO ditolak dan Ha diterima, yang artinya penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri Ambokembang.
24SK2423137.00 | SK PGMI 24.137 SAL e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain