SKRIPSI PGMI
Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 3 Di MI Nurul Hidayah Majalangu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang
Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan syair-syair yang dilagukan, biasanya syair-syair tersebut disesuaikan dengan materi-materi yang akan diajarkan oleh pendidik, bernyanyi membuat suasana belajar menjadi riang dan bergairah, sehingga perkembangan anak dapat disimulasi secara lebih optimal. Sedangkan minat belajar adalah dorongan-dorongan dari dalam diri peserta didik secara psikis dalam mempelajari sesuatu dengan penuh kesadaran, ketenangan dan kedisiplinan. Sehingga menyebabkan individu secara aktif dan senang belajar Bahasa Arab. Rumusan masalah dalam hal ini adalah 1) Bagaimana Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 3 di MI Nurul Hidayah Majalangu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang? 2) Apa Saja Faktor Penghambat dan Pendukung Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 3 di MI Nurul Hidayah Majalangu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten pemalang? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 3 di MI Nurul Hidayah Majalangu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang dan Untuk mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 3 di MI Nurul Hidayah Majalangu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten pemalang Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Hidayah Majalangu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini,.1) Penggunaan metode bernyani yang di laksanakan di MI Nurul Hidayah Majalangu di ikuti oleh siswa dengan sangat antusias dan membuat siswa lebih mudah memahami materi olahraga ((اَلرِّيَاضَةُ. 2) Faktor pendukungnya yaitu Suasana kelas yang kondusif, Adanya sarana dan prasarana yang memadai, Hubungan yang baik antara guru dan siswa. Dan faktor penghambatnya yaitu “kurangnya kesadaran pada diri siswa dan terkadang ada siswa yang pemalu (introvert).
24SK2423132.00 | SK PGMI 24.132 LAE p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain