SKRIPSI PGMI
Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Dan Tanggung Jawab Pada Kelas IV Di SD Negeri Sariglagah Warungasem Batang
Kesadaran siswa akan peduli sesama dan tanggung jawabnya di sekolah berbeda-beda. Karenanya, guru berperan sebagai pengasuh, teladan, dan pembimbing untuk menanamkan karakter peduli sosial dan tanggung jawab siswa di kelasnya sebagai bentuk pengembangan pribadi-sosial. Namun, guru menjumpai faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penanaman karakter peduli sosial dan tanggung jawab pada siswa. Rumusan Masalah pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana strategi guru kelas dalam menanamkan karakter peduli sosial padasiswa kelas IV di SD Negeri Sariglagah Warungasem Batang? 2) Bagaimana strategi guru kelas dalam menanamkan karaktertanggung jawab pada siswa kelas IV di SD Negeri Sariglagah Warungasem Batang? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan karakter peduli sosial dan tanggung jawab pada siswa kelas IV di SD Negeri Sariglagah Warungasem Batang? Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan guru kelas untuk menanamkan karakter peduli sosial pada kelas IV di SD Negeri SariglagahWarungasem Batang yakni dengan melalui sejumlah program kegiatan sosial yang meliputi: fasilitas kegiatan sosial, melakukan aksi sosial, penyediaan fasilitas menyumbang, berempati sesama teman, dan membangun kerukunan warga kelas. Sedangkan strategi yang dilakukan guru kelas untuk menanamkan karakter tanggung jawab pada kelas IV di SD Negeri Warungasem Batang yakni guru bertindak sebagai pengasuh, teladan, dan pembimbing, menerapkan pembelajaran kooperatif, mempraktikan disiplin moral, mendorong refleksi moral, dan menciptakan budaya moral yang positif di sekolah. Adapun Faktor pendukung dan penghambat penguatan pendidikan karakter peduli sosial dan tanggung jawab, meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya ialah kesadaran dan motivasi dari dalam siswa. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu kompetensi guru, lingkungan pergaulan yang baik, serta penanaman karakter sejak dari keluarga. Adapun faktor-faktor penghambatnya ialah kesadaran diri, motivasi belajar yang rendah, pergaulan yang kurang baik, penggunaan HP yang kurang terkontrol dan peran orang tua yang kurang hadir dalam proses belajar siswa dalam mengembangkan karakter baiknya.
24SK2423126.00 | SK PGMI 24.126 UMI s | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain